Semen Padang Raih 15 Penghargaan CSR dalam ICA 2017

id semen padang

Semen Padang Raih 15 Penghargaan CSR dalam ICA 2017

Direktur produksi sp firdaus,tiga dari kiri, ketika menerima penghargaan ica award 2017 (Antara).

Padang, (Antara Sumbar )- PT Semen Padang kembali meraih penghargaan pada ajang Indonesia Coorporate Social Responsibility Award (ICA) 2017 dengan menggondol 15 kategori.

"Penghargaan ICA ini bergengsi bagi Semen Padang karena menjadi ajang pembuktian komitmen perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan," kata Kepala Biro CSR Semen Padang, Muhamad Ikrar di Padang, Sabtu.

Ia merinci 15 penghargaan tersebut antara lain kategori perorangan dan perusahaan.

Untuk kategori perorangan, Semen Padang mendapatkan penghargaan terbaik Chief Executive Officer (CEO), terbaik tingkat manajemen dan terbaik tingkat mitra.

Untuk tingkat CEO, diraih mantan Direktur Utama PT Semen Padang yang kini menjabat sebagai Direktur Produksi PT Semen Indonesia Benny Wendry.

Sedangkan tingkat manajemen, diberikan Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Padang, Iskandar Zulkarnaen Lubis dengan karya tulis "CSR Semen Padang Basinergi Mambangun Nagari".

Kemudian tingkat mitra, diraih oleh Defriyeni Dahar sebagai Local Community Organizier (LCO) Semen Padang dengan karya tulis "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rumah Tangga dan Komunal".

Selanjutnya untuk tingkat perusahaan, secara keselurahan Semen Padang mendapatkan Grand Platinum bidang industri dan manufaktur.

"Pada kategori ini, juga diikutsertakan 11 program, dan alhamdulillah, semua program tersebut meraih penghargaan, yaitu 5 Platinum, 5 Gold dan 1 Silver," kata Ikrar.

Ia menyampaikan lima program yang mendapatkan platinum, yaitu PKBM Integrasi di Kelurahan Batu Gadang, Forum Nagari Indarung, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis delapan Asnaf Melalui UPZ PT Semen Padang, dan Nagari Pemberdayaan Posyandu Terintegrasi di Kelurahan Lambung Bukit, serta Klinik Semen Padang Paduli Sehat.

Kemudian Gold untuk program berjudul Pemberdayaan dan Perlindungan Konsumen, Pengolahan Gas Buang Menjadi Energi Listrik Melalui WHRPG, Investasi Sosial Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Berbasis Rumah Tangga dan Komunal, serta Kelompok Usaha Nagari Kelurahan Padang Besi.

Sedangkan kategori Silver, diraih melalui program Emergency Respons Bencana Banjir Melalui Pembangunan Jembatan Baringin.

Selain Semen Padang, tiga perusahaan lainnya yang mendapatkan Grand Platinum adalah PT Kideco Daya Agung pada sektor Pertambangan dan Energi, PT Kaltim Prima Coal yang juga di sektor Pertambangan dan Energi, dan PT PLN di sektor Jasa, Perbankan dan Telematika.

Pada ajang ini, ada 28 perusahaan BUMN dan Swasta yang menjadi peserta ICA 2017.

Sebelumnya pada ICA 2014, PT Semen Padang meraih 13 penghargaan. Penghargaan itu adalah enam Platinum dan empat Gold, serta dua anugerah terbaik untuk kategori perseorangan, yakni CEO Terbaik dari 33 perusahaan peserta. (*)