Unand Bina Peternak Lokal Tingkatkan Produksi

id Sapi

Unand Bina Peternak Lokal Tingkatkan Produksi

Sapi (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Unand) Sumbar membina peternak lokal di Padang guna meningkatkan produksi melalui program pengabdian masyarakat.

"Ini menjadi agenda rutin Peternakan dalam rangka membina peternak melalui penyuluhan dan alih teknologi," kata Ketua Program Studi Peternakan Unand Dr Ade Djulardi, di Padang, Kamis (30/11).

Beberapa hal yang menjadi sasaran dalam pembinaan itu yakni meningkatkan pemanfaatan teknologi ternak yang berdampak pada peningkatan jumlah produksi. Misalnya, untuk peternak sapi diberikan penyuluhan berupa penguatan pakan dan tata cara beternak.

Di samping itu dilakukan pengajaran cara pengobatan serta teknologi pasca produksi, terkait susu, daging atau kulit.

"Metode yang digunakan yakni langsung terjun ke lapangan, mendengar aspirasi peternak kemudian dianalisis," ujarnya.

Kemudian cara yang digunakan berupa ajakan atau persuasif dengan mengkolaborasikan dengan budaya dan kerarifan lokal setempat.

Dosen yang melakukan pengabdian dan pembinaan kepada peternak ini biasanya memiliki program secara individu atau pemenuhan dari Kemenristekdikti.

Dosen yang ikut ada yang tunggal dan berkelompok sesuai cakupan dan pemenuhan programnya.

"Ini menjadi bakti Paternakan Unand dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kampus," katanya.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand Dr Uyung Gatot S Dinata menilai pengabdian masyarakat merupakan kelanjutan dari riset yang dilakukan.

Bagi dosen, pengabdian masyarakat harus berkualitas dengan hasil pemikiran yang digagas dan dianalisisnya. Pengabdian masyarakat menjadi gerbang awal peluang masuknya hasil penelitian dalam skala industri, katanya. (*)