Syaiful Lantik Pengurus KONI Solok Selatan

id KONI SOLOK SELATAN

Syaiful Lantik Pengurus KONI Solok Selatan

Ketua KONI Sumbar Syaiful bersalaman dengan Ketua KONI Solok Selatan Mario Syahjohan usai pelantikan pengurus Koni Solok Selatan periode 2017-2021 di Aula Sarantau Sasurambi Setdakab Solok Selatan, Kamis (30/11). (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Sumatra Barat (Sumbar), Syaiful mengukuhkan dan melantik 44 personil pengurus KONI Solok Selatan masa bhakti 2017-2021 di aula kantor bupati setempat, Kamis (30/11).

Syaiful mengatakan Olahraga mampu mempersatukan dan memperkokoh bangsa tanpa mengenal ras, suku dan agama.

Ia mengapresiasi pemkab setempat yang terus menerus memberikan bantuan pembinaan bagi atlet sehingga bisa meraih peringkat sebelas pada Porprov 2016.

"Hanya Solok Selatan yang rutin menggelar Porkab hingga delapan kali secara beruntun," ujarnya.

Menurutnya jadi pengurus KONI merupakan pengabdian dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

"Tetap berdiri tegak untuk melangkah bersama membangun prestasi olahraga khususnya di daerah masing-masing," ujarnya.

Ia juga mendorong Solok Selatan untuk menjadi tuan rumah Porprov XVII pada 2022.

Dia berharap Solok Selatan bisa menjadi sentral pembinaan untuk tiga sampai lima cabang olahraga khusus sebagai upaya untuk menghasilkan atlet prestasi dengan perlu adanya sentralisasi cabor.

Ketum Umum KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan mengatakan pada tahun 2022 pihaknya menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Porprov Sumbar.

Selain itu juga mempersiapkan atlet prestasi untuk berlaga di PON 2020.

"Dalam waktu dekat pada 2018 kita juga bakal mempersiapkan ajang Pra-Porprov Sumbar. Saat ini lebih dari 10 cabor berprestasi dan meraih medali emas pertama diajang nasional dari cabang Kempo di Jawa Barat 2016," katanya.

Pengurus KONI saat ini, imbuh Mario sekitar 70 persen pengurus didominasi kaum muda.

Menurut dia, prestasi olahraga ditentukan oleh pengurus KONI, cabor dan sinergi dengan stakeholder.

"Kedepan kita berharap bisa merubah warna olahraga dan meningkatkan prestasi sebab tugas kedepan semakin berat," kata dia.

Asisten III Setdakab Solok Selatan, Yul Amri mengatakan, Pemkab Solok Selatan selalu mendukung program KONI dalam memajukan olahraga.

Selain Ketum KONI Sumbar, pelantikan dihadiri Sekum KONI, Hendra Dupa, Ketua Bidang Organisasi KONI, Fadly Amran. Bupati Solsel melalui Asisten III, Yul Amri dan unsur Forkompinda, Koramil Sangir dan Polres Solsel. (*)