Telkom Luncurkan "Broadband City" di Bukittinggi

id Broadband City

Pemaparan penerapan "broadband city" di Bukittinggi oleh pihak Telkom Bukittinggi kepada pemerintah daerah setempat. Telkom juga membangun taman digital sebagai salah satu sarana pendukung program tersebut, Kamis(30/11). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - PT Telekomunikasi Indonesia luncurkan program Broadband City di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat terhadap akses informasi secara cepat. Peluncuran program tersebut diikuti dengan peletakan batu pertama pembangunan taman digital di Kantor Daerah Telkom Bukittinggi dan peresmian "wifi corner" di Plaza Telkom setempat, Kamis (30/11).

Direktur Network dan IT Solution Telkom, Zulhelfi di Bukittinggi, Kamis, mengatakan dengan penerapan "broadband city" kebutuhan masyarakat terhadap informasi melalui internet dapat terlayani secara lebih cepat karena memakai serat optik (fiber optic).

Selain itu, ia menilai layanan internet termasuk infrastruktur penunjang pembangunan daerah karena lewat layanan tersebut dapat menumbuhkan kreativitas bila dimanfaatkan dengan baik.

Di sektor pariwisata, ia mencontohkan masyarakat dapat menyebarkan informasi penyewaan rumah tinggal sebagai alternatif penginapan bila musim liburan dan hotel penuh.

Kemudian dari sisi ekomoni dapat mendukung belanja secara dalam jaringan yang sudah menjadi tren.

"Dengan adanya akses internet cepat masyarakat bisa manfaatkan untuk memasarkan produknya. Diharapkan ini mendorong pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM," katanya.

Sementara ide pembangunan taman digital sesuai dengan arahan pemkot setempat untuk menunjang sektor unggulan daerah yaitu pariwisata di samping bidang lainnya seperti pendidikan dan perdagangan.

Pembangunan taman berukuran 6x26 meter tersebut ditargetkan selesai dalam waktu dua bulan ke depan dan dilengkapi fasilitas bangku-bangku.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi menyampaikan apresiasi atas program yang dilaksanakan perusahaan BUMN tersebut.

Menurutnya program yang dilaksanakan tersebut akan mendukung bertambahnya fasilitas penunjang terutama di sektor pariwisata yang merupakan andalan daerah.

"Program-program pemerintah seperti bidang pariwisata, pendidikan, kesehatan, perdagangan dan jasa mesti disinergikan dengan era digital. Dengan adanya layanan dari Telkom akan membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar