Pemkab Pasaman Luncurkan Genovik Tingkatkan Mutu Pendidikan

id Atos Pratama

Pemkab Pasaman Luncurkan Genovik Tingkatkan Mutu Pendidikan

Wabup Pasaman, Atos Pratama. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, telah meluncurkan Gerakan Inovasi Kebijakan (Genovik) agar semua elemen pendidikan dapat melahirkan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat Azhari di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan Genovik ini sesuai visi dan misi pemerintah daerah yakni terwujudnya masyarakat Pasaman sejahtera, agamis, dan berbudaya.

Maka untuk mencapai visi itu diperlukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Di antara program yang dilakukan adalah menyukseskan wajib belajar 9 tahun, pendidikan usia dini (Paud), peningkatan kompetensi dan kualifikasi guru, dan meningkatkan hasil pembelajaran.

Menurutnya diperlukan sebuah inovasi yang nantinya akan mengubah kondisi permasalahan dalam dunia pendidikan menjadi lebih baik.

"Itulah gerakan inovasi yang dilaksanakan dengan menghadirkan puluhan kepala UPTD dan pengawas sekolah se-Kabupaten Pasaman," ujarnya.

Dengan adanya Program Genovik ini, katanya diharapkan terwujudnya peningkatan kinerja sektor pendidikan yakni UPTD, pengawas, kepala sekolah dan juga para guru.

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama mengatakan terobosan baru Genovik dikenal dengan semboyan "Satu Sekolah, Satu Inovasi " ini diyakini mampu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Kita sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan yang terus melahirkan terobosan untuk meningkatkan tingkat kualitas pendidikan di Pasaman. Tujuan Genovik ini bagus sekali, semuanya harus kita dukung bersama, inovasi bukan saja lahir dari pemerintah daerah akan tetapi juga masyarakat kita," katanya.

Ia berharap tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat terus menjaga etos kerja, disiplin dan mempunyai dedikasi yang tinggi.

"Mari tingkatkan kreatifitas dan melahirkan inovasi baru di dunia pendidikan. Karena tanpa adanya inovasi itu perubahan yang telah dicanangkan Dinas Pendidikan mustahil akan terwujud. Saya optimis jika ini semua terlaksana program genovik akan menggenjot sektor pendidikan," katanya. (*)