Pariaman Pastikan Hanya Kirim Atlet Putra/putri Asli Daerah ke Porprov Sumbar

id KONI

Pariaman Pastikan Hanya Kirim Atlet Putra/putri Asli Daerah ke Porprov Sumbar

KONI. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat memastikan hanya akan mengirim atlet setempat dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV di Kabupaten Padangpariaman pada 2018.

"Wali Kota telah memberikan arahan dan instruksi agar semua atlet yang berlaga pada Porprov ke-XV harus putra dan putri asal Kota Pariaman," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pariaman, Syahrizal, di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan alasan tersebut untuk melihat sejauh mana potensi asli dan kemampuan atlet Kota Pariaman dalam berlaga pada ajang olahraga dua tahunan tersebut.

"Pemerintah Kota Pariaman tidak merasa bangga mendapatkan medali emas apabila atlet tersebut dari daerah lain, oleh karena itu kami mengutamakan putra dan putri Pariaman," kata dia.

Pihaknya menilai dengan menggunakan jasa atlet asli daerah itu, diharapkan mampu mendongkrak prestasi kota berjuluk Tabuik tersebut pada Porprov 2018.

Oleh karena itu kata dia, pemerintah daerah telah mulai melakukan beberapa penjaringan dan persiapan kepada para atlet dalam rangka menghadapi Porprov 2018.

Beberapa langkah yang dilakukan diantaranya pelatihan dan keikutsertaan para atlet muda asal kota itu di even Pariaman Triathlon 2017 yang diselenggarakan 2 hingga 3 Desember 2017.

"Pariaman Triathlon memiliki kategori Duathlon atau khusus bagi para pelajar, ini merupakan kesempatan dalam menjaring para atlet muda berbakat," ujar dia.

Terkait target di Porprov 2018 pemerintah daerah berupaya minimal menempati posisi papan tengah. Sedangkan cabang olahraga yang prioritaskan yaitu bela diri seperti Wushu, Tarung Derajat, Taekwondo, Tinju Muay Thai, dan Karate.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan khusus kategori Duathlon Pemerintah Kota Pariaman tidak mengutamakan prestasi namun mengedepankan penjaringan bibit atlet muda berbakat.

"Prestasi bukan faktor utama yang ditargetkan, namun proses penjaringan atlet lebih diutamakan," ujar dia.

Pihaknya mengimbau dan mengajak agar seluruh para pelajar di kota itu agar ikut serta berpartisipasi dalam ajang olahraga internasional Pariaman Triathlon yang dipusatkan di Pantai Kata. (*)