Jalinsum Sumbar-Bengkulu yang Tertimbun Longsor Sudah Bisa Dilewati

id Longsor Jalinsum Pesisir Selatan

 Jalinsum Sumbar-Bengkulu yang Tertimbun Longsor Sudah Bisa Dilewati

Jalinsum menghubungkan Provinsi Sumbar dengan Bengkulu yang tertimbun material longsor di sekitar Bukit Ransam, Nagari Painan Selatan, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Bengkulu yang tertimbun material longsor di sekitar Bukit Ransam, Nagari (desa adat) Painan Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, pada Rabu siang sudah bisa dilewati.

"Longsor terjadi pada pukul 11.30 WIB dan sekitar pukul 13.15 WIB jalan itu sudah bisa dilewati setelah alat berat membersihkan material dari jalan," kata warga setempat Zulkarnaen di Painan, Rabu.

Ia menambahkan akibat longsor kemacetan hampir tiga kilometer yang didominasi kendaraan roda empat karena kendaraan roda dua masih bisa melewati jalan tersebut.

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pesisir Selatan, Prinurdin mengatakan telah berkoordinasi dengan kontraktor Jalan Lintas Sumatera Painan-Kambang agar segera mengirimkan alat berat untuk membersihkan material longsor.

"Beberapa hari terakhir cuaca cukup ekstrem, terkait situasi itu saya sudah membuka pembicaraan dengan kontraktor agar alat berat dikirim ke lokasi untuk membersihkan material longsor," ujar dia.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat juga telah mengirim personel ke lokasi. (*)