IAIN Batusangkar Siapkan Lulusan Menjadi Jurnalis Andal

id IAIN Batusangkar

IAIN Batusangkar Siapkan Lulusan Menjadi Jurnalis Andal

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Batusangkar, Desmita, MSi membuka diskusi panel bertajuk Islam dalam Konstelasi Media Nasional di Kampus IAIN Batusangkar, Rabu (29/11). (Antara Sumbar/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menyiapkan lulusannya menjadi jurnalis yang andal di samping mencetak juru dakwah, dai, atau pun guru agama.

"Kita memberikan apresiasi kepada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) yang menggelar diskusi panel bertajuk Islam dalam Konstelasi Media Nasional dalam upaya melahirkan jurnalis yang kompeten," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Batusangkar, Desmita, MSi saat membuka acara itu di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan IAIN Batusangkar yang baru dua tahun berubah status dari STAIN terus berupaya menciptakan lulusan perguruan tinggi yang berkearifan lokal dan bereputasi global.

"Misi kita menjadikan kampus dan lulusannya yang memiliki keilmuan berintegratif dan interkonektif, berkearifan lokal dan bereputasi global," katanya.

Desmita menyampaikan IAIN Batusangkar kini menerapkan sistem pendidikan berkarakter kepada mahasiswa yang diharapkan oleh pemerintah pusat dalam program Nawacitanya.

"IAIN Batusangkar siap menghasilkan lulusan yang memiliki intelektual tinggi, modern sekaligus berkarakter dengan nilai-nilai akhlak yang mulia dan religius," katanya.

Masyarakat umum saat ini masih sulit melepaskan diri dari pemikiran dikotomi ilmu pengetahuan antara ilmu agama dan ilmu umum, namun pada hakekatnya kedua ilmu tersebut merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, katanya.

Dekan FUAD IAIN Batusangkar, Adripen, M.Pd mengatakan pihaknya berusaha menjadi pusat studi komunikasi penyiaran Islam yang unggul, integratif, kompetitif dan prospektif berlandaskan iman, ilmu dan amal dalm membentuk dai, jurnalis dan konsultan agama yang kompenten.

"Alhasil, kita siap mencetak calon dai, jurnalis, publik figur yang mampu menyiarkan Islam dan tanggap terhadap persoalan keislaman dalam skala lokal, berwawasan global, dan mengedepankan akhlakul karimah," katanya.

FUAD IAIN Batusangkar mempunyai empat jurusan terdiri dari Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT), Psikologi Islam (PI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Ilmu Perpustakaan Islam (IPI) dan Pemikiran Politik Islam (PPI). Untuk KPI IAIN Batusangkar memiliki dua program studi yakni Jurnalis dan Broadcasting.

Tujuan diskusi panel ini sebagai langkah awal dalam membina maupun melatih mahasiswa memahami dunia jurnalistik," katanya.

Pemateri dalam diskusi panel yang diikuti ratusan mahasiswa dan dosen IAIN Batusangkar serta para wartawan Tanah Datar ini yakni Direktur e-Busines Kemkominfo, Azhar Hasyim, MIT, Direktur TVRI Sumbar, Arif Suriansyah, ME dan Pemimpin Redaksi Harian Singgalang, Khairul Jasmi, MM. (*)