Pesisir Selatan Terima Swastisaba Wiwerda, Predikat Kabupaten Sehat Nasional

id Hendrajoni

Pesisir Selatan Terima Swastisaba Wiwerda, Predikat Kabupaten Sehat Nasional

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai menerima penghargaan kabupaten sehat. (Antara Sumbar/Humas Kabupaten Pesisir Selatan)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meraih predikat kabupaten sehat kategori "swastisaba wiwerda" tingkat nasional setelah sebelumnya tim penilai mengunjungi daerah itu pada Kamis (5/10).

"Alhamdulillah hari ini Pesisir Selatan menerima penghargaan kabupaten sehat tersebut, setelah pada 2015 juga menerima penghargaan kabupaten sehat tingkat nasional kategori swastisaba padapa," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dihubungi di Painan, Selasa (28/11).

Penghargaan kabupaten sehat itu ia terima di Gedung C, Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, didampingi pejabat Pesisir Selatan diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni, Kepala Dinas Perhubungan Pesisir Selatan, Nuzirwan, dan lainnya.

Ia menambahkan poin-poin yang dinilai pada kabupaten sehat diantaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana, lalu lintas, transportasi, industri dan perkantoran.

Selanjutnya, kawasan pariwisata, pertambangan, hutan sehat serta kehidupan masyarakat.

Sementara kata dia, ukuran penilaian ialah bagaimana kabupaten mampu menuntaskan berbagai persoalan yang ada pada pelbagai item-item tersebut.

Atas nama kepala daerah pihaknya mengucapkan terimakasih kepada organisasi perangkat daerah ataupun masyarakat yang ikut serta mewujudkan diraihnya prestasi kabupaten sehat itu.

Menurutnya dengan diraihnya penghargaan sebagai kabupaten sehat akan semakin memperkuat daerah itu sebagai destinasi wisata baik nasional maupun internasional.

"Saat ini kami gencar mempromosikan objek wisata, penghargaan ini akan sejalan dengan kegiatan itu, karena keindahan tidak hanya cukup jika lingkungannya tidak sehat," katanya.

Sebelumnya, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh daerah setempat juga meraih peringkat pertama pada Anugerah Pesona Indonesia II kategori surga tersembunyi terpopuler, penghargaannya diterima oleh Bupati Hendrajoni, Sabtu (25/11). (*)