Melalui Bulutangkis, Denmark Pererat Hubungan dengan Indonesia

id KUNJUNGAN PM DENMARK

Melalui Bulutangkis, Denmark Pererat Hubungan dengan Indonesia

Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen (kedua kanan) dalam upacara penyambutan di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11). Pemerintah Indonesia dan Denmark membahas peningkatan kerja sama dalam pertemuan bilateral yang kini usia kerja sama bilateral tersebut mencapai 67 tahun. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/foc/17.)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Perdana Menteri Denmark Lars Lkke Rasmussen menyempatkan menonton pertandingan persahabatan bulu tangkis antara pemain Denmark Hans-Kristian Vittinghus dan mantan atlet Indonesia Hariyanto Arbi di sela-sela kunjungannya di Jakarta, Selasa sore (28/11).

Dalam sambutannya, Rasmussen mengatakan bahwa meski Indonesia dan Denmark adalah dua negara yang sangat berbeda dan terpisah belasan ribu kilometer jauhnya, kedua bangsa sama-sama menyukai bulu tangkis.

"Kita disatukan oleh bulu tangkis, olahraga yang sama-sama kita mainkan," tutur dia.

Bertempat di salah satu mal di Jakarta, Vittinghus dan Arbi bermain dengan semangat hingga Juara Thomas Cup 2016 itu unggul 6-5 atas Arbi.

Setelah itu, Arbi digantikan oleh Tommy Sugiarto yang bersama mantan pebulu tangkis ganda putra Ricky Subagja ikut menyaksikan pertandingan tersebut.

Tommy perlahan-lahan mengejar ketertinggalan Indonesia lewat smash-smash panjang yang sulit dikembalikan Vittinghus, hingga kemudian Indonesia unggul dengan skor 21-13.

"Saya sudah sering bertanding melawan Tommy dan selalu kalah. Tetapi ini kali pertama saya melawan Arbi dan ini menjadi pengalaman menyenangkan buat saya," kata Vittinghus.

Pemain tunggal putra berusia 31 tahun itu mengaku bangga bisa bermain melawan Arbi yang dianggapnya legenda bulu tangkis dunia atas prestasinya sebagai Juara Dunia pada 1995, Juara Piala Thomas berturut-turut antara 1994-2000, serta Juara All England pada 1993.

Sementara bagi Arbi yang memutuskan gantung raket pada 2000, pertandingan melawan Vittinghus adalah inisiatif yang baik dari pemerintah Denmark untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Indonesia.

"Bagus mereka bikin acara seperti ini, meskipun kalau main beneran saya akan kalah karena beda 20 tahun umurnya (dengan Vittinghus)," kata Arbi disusul gelak tawa.

PM Rasmussen bersama istri Solrn Lkke Rasmussen akan berada di Indonesia hingga Rabu (29/11). Salah satu agenda kunjungannya ke Indonesia yakni bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas kesepakatan kerja sama di bidang lingkungan hidup, bebas visa diplomatik, dan peningkatan kerja sama investasi. (*)