PSMKGI Unand Bakti Sosial XVI, Berikan Edukasi Perawatan Gigi dan Mulut

id BAKTI SOSIAL

PSMKGI Unand Bakti Sosial XVI, Berikan Edukasi Perawatan Gigi dan Mulut

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin menyampaikan arahan pada bakti sosial yang dilakukan PSMKGI di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Kamis (27/11) (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMGI) Universitas Andalas, Sumatera Barat melakukan bakti sosial XVI di SMPN 3 Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Dekan Kedokteran Unand Prof. Dr. Embiadi di Lembah Gumanti, Senin (27/11), mengatakan acara merupakan bakti sosial yg dilaksanakan oleh perguruan tinggi se Indonesia yang mempunyai fakultas kedokteran Gigi.

"Dan untuk fakultas Kedokteran gigi Unand melaksanakan baksos tahun ini di Kecamatan Lembah Gumanti. Kegiatan berlangsung dari 27 sampai 28 November 2017," ujarnya.

Kegiatan diikuti dari 20 fakultas kedokteran Gigi seluruh Indonesia, dengan jumlah dari delegasi mahasiswa 197 orang beserta panitia dari seluruh fakultas gigi di Indonesia.

Tujuan kegiatan dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat terkait perawatan gigi dan mulut yang kadang sering dilupakan dan kurang diperhatikan.

Pada bakti sosial tersebut mahasiswa melakukan penambalan, pencabutan gigi dan pembersihan karang gigi pada masyarakat setempat.

"Saya juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Solok yang sudah menyediakan waktu dan fasilitas tempat kepada kami untuk bisa melakukan baksos di daerah ini," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin mengharapkan segenap dokter gigi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat hendaknya juga memberikan edukasi dengan bahasa awam yang mudah dipahami sehingga masyarakat dapat mengaplikasikan dalam kesehariannya.

"Kepada masyarakat yang ingin bertanya tentang perawatan dan masalah tentang gigi dapat berkonsultasi dengan dokter yang hadir pada hari ini," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan positif yang bermanfaat seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi untuk perawatan dan pembersihan gigi membutuhkan biaya yang mahal. Masyarakat jadi terbantu meningkatkan kesehatan dengan baksos dari PMSGI Unand ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Fakultas kedokteran Gigi Universitas Andalas yang telah melaksanakan kegiatan ini, sehingga membantu banyak masyarakat di daerah Solok," ujarnya. (*)