Pariaman Peroleh Penghargaan Anugerah Media Humas 2017

id MUKHLIS RAHMAT

Pariaman Peroleh Penghargaan Anugerah Media Humas 2017

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Nazifah memperlihatkan piagam penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (Humas Pemkot Pariaman)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman berhasil memperoleh penghargaan terbaik tiga pada perlombaan Anugerah Media Humas (AMH) 2017 kategori siaran pers atau pemberitaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

"Prestasi ini merupakan cerminan baik dari Kota Pariaman dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat dari berbagai sektor," kata Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, di Pariaman, Senin (27/11).

Penghargaan itu juga membuktikan Kota Pariaman bermitra dengan baik bersama media massa dalam membantu penyebaran berbagai macam berita pembangunan daerah itu.

Masyarakat, ujar dia, harus mengetahui apa saja program dan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Sehingga menciptakan pemerintahan yang baik.

Untuk AMH 2017 kategori siaran pers atau pemberitaan terbaik satu diraih oleh Kota Bandung dan peringkat dua direbut oleh Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan penghargaan untuk setingkat kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terbaik satu diraih oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), kemudian terbaik dua Kementerian Perhubungan dan terbaik tiga disabet oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Sebanyak 167 provinsi, kabupaten dan kota yang bersaing dalam ajang tahunan tersebut, Kota Pariaman menjadi satu-satunya yang berhasil menyabet terbaik tiga menyisihkan daerah lainnya di Indonesia," ujarnya.

Pihaknya mengajak agar seluruh komponen terkait terutama Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pariaman agar lebih meningkatkan kinerja ke depannya.

Pada 2017 AMH hanya melombakan empat kategori yaitu siaran pers atau pemberitaan, penerbitan media internal, media sosial dan media pelayanan informasi internet yang dibagi dua kelompok.

Pemerintah Kota Pariaman saat ini sedang berbenah untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang menggunakan aplikasi berbasis elektronik atau menuju kota pintar.

Penerapan tersebut diantaranya pembayaran secara elektronik, perencanaan elektronik, Unit Pelayanan Informasi Advokasi dan Keluhan (UPIAK), Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Program Warung Elektronik dan yang terbaru transaksi non tunai telah diterapkan awal November 2017.

Program UPIAK merupakan salah satu langkah yang dilakukan Kota Pariaman dalam menyerap dan menerima berbagai keluhan serta aspirasi masyarakat untuk diteruskan ke tingkat lebih tinggi. (*)