Curah Hujan Mulai Tinggi, Warga Pesisir Selatan Dimbau Waspadai Banjir

id Hujan

Curah Hujan Mulai Tinggi, Warga Pesisir Selatan Dimbau Waspadai Banjir

hujan. (ANTARA FOTO)

Painan, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat setempat mewaspadai banjir akibat hujan yang mengguyur daerah itu sejak Senin pagi.

"Dari hasil koordinasi kami dengan 15 camat di Pesisir Selatan semua daerah diguyur hujan dan situasi ini perlu diwaspadai," kata Kepala BPBD Pesisir Selatan, Prinurdin di Painan, Senin (27/11).

Apalagi, katanya, bagi masyarakat yang menetap di pinggir sungai atau di lokasi yang menjadi langganan banjir.

"Di Pesisir Selatan terdapat 19 sungai besar yang tersebar di semua kecamatan, secara keseluruhan sungai-sungai ini berpotensi menjadi penyebab banjir jika debit air meningkat karena mengalami pendangkalan," katanya.

Ia menyebutkan mewaspadai banjir bisa dilakukan dengan meminimalkan kerugian akibat banjir baik harta benda ataupun nyawa.

"Tinggikan barang-barang elektronik dan terus pantau keadaan jika tidak memungkinkan segera berpindah ke tempat yang lebih aman agar tetap dalam keadaan selamat," ujarnya.

Wali Nagari (Kepala Desa Adat) Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Irwandi menyebutkan terkait hujan tersebut ia telah menginstruksikan kepala kampung pada nagari yang dipimpinnya mengajak warga mewaspadai banjir.

"Daerah kami merupakan daerah langganan banjir, setidaknya terdapat tiga lokasi yang selalu kebanjiran jika debit Sungai Batang Lakitan meningkat," katanya.

Bahkan ujarnya, pada 2011 lalu hampir sebagian rumah di nagari itu terendam banjir dan banjir yang paling tinggi mencapai tiga meter namun berkat kewaspadaan tidak ada korban jiwa pada kejadian itu. (*)