Pesta Tabuik Peroleh Terbaik Ketiga Atraksi Budaya Terpopuler

id Tabuik

Pesta Tabuik Peroleh Terbaik Ketiga Atraksi Budaya Terpopuler

Ribuan orang dari berbagai daerah ikut serta meramaikan puncak Pesta Budaya Tabuik yang dihelat Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat, Minggu (1/10). Pesta Budaya Tabuik setiap tahunnya selalu menarik ribuan masyarakat atau pengunjung untuk menyaksikan langsung even tersebut. (ANTARA SUMBAR/Muhammad Zulfikar )

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pesta Budaya Tabuik Piaman yang berasal dari Kota Pariaman, Sumatera Barat berhasil memperoleh penghargaan terbaik tiga Kategori Atraksi Budaya Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017.

Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat dihubungi dari Pariaman, Minggu (26/11), mengatakan penghargaan tersebut merupakan momentum bagi Kota Pariaman untuk terus bersemangat mengembangkan pariwisata di daerah itu.

Pariwisata tersebut termasuk pengembangan wisata pantai, wisata olahraga serta even budaya yang dianggap mampu meningkatkan kunjungan wisatawan serta perekonomian masyarakat.

"Dengan setiap pembenahan pendukung sektor pariwisata, ditargetkan peningkatan kunjungan 50 persen dari 2016 yang hanya sebesar 2.907.822 jiwa," kata dia.

Selain itu, terkait penghargaan yang diperoleh Pariaman di ajang API II, ia menjelaskan hal tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat Kota Pariaman baik di ranah maupun di rantau.

"Ini berkat dukungan masyarakat yang memberikan vote pada Pesta Budaya Tabuik Piaman dalam Kategori Atraksi Budaya Terpopuler," ujarnya.

Secara umum, event API II dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata RI bekerja sama dengan laman www.ayojalanjalan.com untuk mengajak masyarakat berperan aktif memilih nominator destinasi terbaik Indonesia.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Elfis Chandra menjelaskan kegiatan API 2017 dimulai dengan pemungutan suara atau voting yang berlangsung sejak Juni hingga Oktober 2017.

"Pemenang dalam ajang ini didapatkan dari hasil pemungutan suara seluruh masyarakat Indonesia dalam jaringan serta melalui layanan pesan singkat premium berbayar," katanya.

Ia menyebutkan Pesta Budaya Tabuik termasuk dalam Kategori Tujuh yakni Atraksi Budaya Terpopuler.

Secara keseluruhan terdapat 10 nominasi terpilih yakni Apen Beyeren dari Kabupaten Biak Numfor, Bakar Tongkang dari Kabupaten Rokan Hilir, Karaci dari Kabupaten Sumbawa, Perang Pandan dari Kabupaten Karangasem, Ronggeng Paser dari Kabupaten Paser, Tabuik asal Kota Pariaman, Ngagah Harimau dari Kabupaten Kerinci, Tari Peperimakka dari Kota Makassar, Tradisi Tumbilotohe dari Kota Gorontalo dan Wadian Bulat dari Kabupaten Barito Timur.

Peringkat pertama disabet Bakar Tongkang dari Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, juara dua Tari Ngagam Harimau dari Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dan juara tiga Pesta Budaya Tabuik. (*)