Kampus Mesti Arahkan Lulusan Menjadi Wirausahawan

id KOPERTIS X

Kampus Mesti Arahkan Lulusan Menjadi Wirausahawan

Koordinator Kopertis X Prof Herri. (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong kampus swasta yang ada di bawah pembinaannya dapat mengarahkan mahasiswa setelah lulus menjadi wirausahawan.

"Sudah saatnya hindari pemikiran setelah lulus menjadi pegawai namun berorientasi menciptakan lapangan kerja," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang, Minggu (26/11).

Menurutnya banyak lulusan mahasiswa yang menganggur karena memiliki persepsi sempit untuk bekerja. Di samping itu akibat tidak adanya dorongan atau arahan dari kampus untuk membuka usaha.

Ia menyebutkan sebagian besar mahasiswa saat memasuki kuliah, usai lulus hanya berpikir mendapat kerja dan uang sehingga daya kreativitasnya tidak muncul untuk menciptakan usaha.

Padahal, kata Herri program untuk wirausaha ini menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah di seluruh Indonesia.

"Untuk itu kampus sejak dini menyiapkan kader pengusaha dari mahasiswa tersebut," ujarnya.

Salah satu yang perlu didorong dan digelar yakni kuliah umum kewirausahaan dengan menghadirkan pengusaha hebat dan motivator dalam wirausaha. Kemudian memfasilitasi dengan memberikan bantuan fisik kepada mahasiswa yang bergerak dalam bidang usaha.

Selanjutnya, imbuhnya memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi dalam dunia usaha.

"Melalui dosen, penelitian dan pengabdian diarahkan pada orientasi industri," kata dia.

Dalam hal ini dosen diberikan pelatihan dan seminar tentang pengembangan usaha. Kemudian pelatihan ini diberikan kepada mahasiswa serta diikutsertakan dalam beberapa program usaha.

"Tidak peduli jurusan apapun, semuanya dapat mengembangkan usaha tersebut," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Yunisman menilai pertumbuhan wirausahawan baru akan memperkuat eksistensi usaha mikro kecil di daerah.

Menurutnya kampus sebagai gudang inovasi tentu dapat lebih kreatif dalam membuka usaha.Usaha mikro kecil yang kuat akan mampu menggerakkan ekonomi penduduk suatu daerah. (*)