Sumbar Benahi Objek Wisata Kejar Target Kunjungan Delapan Juta Jiwa Pada 2017

id Nasrul Abit

Sumbar Benahi Objek Wisata Kejar Target Kunjungan Delapan Juta Jiwa Pada 2017

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar)- Pemerintah Provinsi Sumbar terus melakukan pembenahan pada sejumlah objek wisata yang ada di daerah itu untuk mengejar target kunjungan wisatawan sebanyak delapan juta jiwa hingga akhir 2017.

"Saat ini yang fokus dibenahi adalah tempat wisata untuk dilengkapi infrastruktur dan sarana penunjang lainnya," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Jumat.

Menurutnya persyaratan yang wajib ada di lokasi objek wisata adalah WC, kamar mandi, mushala, tempat kuliner hingga pusat penjualan cinderamata.

"Seluruh kabupaten dan kota silahkan berinovasi untuk menarik orang datang ke daerah masing-masing," tambahnya.

Selain itu untuk menggaet wisatawan asing pada Februari 2018 diluncurkan penerbangan langsung dari Singapura ke Padang.

"Targetnya menggaet orang Singapura berlibur ke Padang, bukan sebaliknya orang Padang pergi ke Singapura," ujarnya.

Ia mengemukakan jika diperlukan pihaknya akan mengadakan pameran khusus untuk menggaet wisatawan dari negeri Singa itu.

Sejalan dengan itu, Nasrul menyampaikan untuk menyosialisasikan pariwisata Sumbar telah disepakati bersama merek dengan sebutan "Taste of Padang".

"Dalam waktu dekat ini brand yang telah disepakati ini akan dideklarasikan oleh presiden," kata dia.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September 2017 mencapai 4.347 orang atau turun 16,55 persen dibandingkan Agustus 2017 yang mencapai 5.209 orang.

"Dari 4.347 wisatawan asing tersebut wisatawan asal Malaysia masih mendominasi kunjungan ke Sumbar mencapai 3.186 orang, ujar Kepala BPS Sumbar Sukardi.

Kemudian pada September 2017 tercatat kunjungan wisatawan Australia 345 orang, Perancis 28 orang, Tiongkok 26 orang, Singapura 24 orang, Jepang 21 orang, India 20 orang, Thailand 19 orang, Belanda 16 orang, Amerika Serikat 15 orang dan lainnya 647 orang.

Menurutnya kunjungan wisatawan pada September 2017 memberikan kontribusi sebesar 0,40 persen terhadap total wisman yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 91.080.339. orang. (*)