Pebalap TDS Disambut Meriah Masyarakat Padang Panjang di Garis Finis

id TdS Padang Panjang

Pebalap TDS Disambut Meriah Masyarakat Padang Panjang di Garis Finis

Ribuan Masyarakat Padang Panjang memadati lokasi finish di depan Markas Secata B Rindam I Bukit Barisan yang datang menanti pebalap TdS. (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni K)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pebalap Tour de Singkarak (TdS) etape VII disambut meriah oleh ribuan warga Padang Panjang, Sumatera Barat ketika sampai di garis finis setelah berpacu sejauh 112 kilometer.

"Kami sengaja datang untuk melihat para pebalap yang berpacu untuk saling mendahului menyentuh garis finis," kata salah seorang warga Padang Panjang, M. Zikri bersama belasan temannya di Padang Panjang, Jumat.

Menurut dia even tahunan itu juga sebagai motivasi bagi masyarakat untuk memasyarakatkan olahraga, khususnya balap sepeda.

Tidak itu saja TdS yang sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun itu katanya, juga memiliki berbagai dampak positif terhadap perekonomian.

"Setidaknya masyarakat bisa menangkap peluang ini dengan menggelar berbagai dagangan produk lokal," sebutnya.

Hal yang sama juga disampaikan warga Padang Panjang lainnya Rustam. Pergelaran yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata itu jelasnya, mendatangkan pebalap dari luar negeri.

"Kapan lagi kita melihat pebalap dari luar negeri itu, sekaranglah saatnya melihat kompetisi mereka itu," ujarnya.

Para pebalap TdS di etape VII yang memiliki lokasi start di Kabupaten Limapuluh Kota memiliki jarak tempuh 112 kilometer, sebelum menyentuh garis finis terlebih dahulu mengelilingi kota yang berjulukan "Serambi Mekkah" itu.

Setelah salah satu pebalap menyentuh garis finis masyarakat yang sudah menunggu beberapa jam langsung berteriak gembira sembari memukul pembatas jalan yang disediakan panitia agar terlihat meriah. (*)