Pemkab Pesisir Selatan Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi Pada 2019

id Syahrizal Antoni

Pemkab Pesisir Selatan Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi Pada 2019

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni. (Antara Sumbar/Diri Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menargetkan seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah itu terakreditasi pada 2019.

"Di daerah ini terdapat 20 puskesmas dan saat ini baru 10 unit yang terakreditasi, satu unit lagi baru akan diakreditasi pada Desember 2017," kata Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni di Painan, Jumat.

Pada 2018 akan diakreditasi tujuh puskesmas, dan dua puskesmas lainnya pada 2019.

Ia menyebutkan puskesmas yang telah diakreditasi adalah Puskesmas Tarusan, Puskesmas Pasar Baru, Puskesmas Koto Marapak, Puskesmas Salido, Puskesmas Pasar Kuok.

Selanjutnya Puskesmas Kambang, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Balai Salasa, Puskesmas Air Haji, dan Puskesmas Indrapura.

Dari 10 puskesmas yang sudah diakreditasi itu, baru empat puskesmas yang hasilnya keluar di antaranya Puskesmas Air Haji dan Pasar Baru yang masing-masing terakreditasi dasar, sementara Puskesmas Kambang dan Tarusan masing-masing terakreditasi madya.

Ia menyebutkan tujuan utama akreditasi puskesmas ialah untuk membina dan meningkatkan mutu pelayanan sehingga pelayanan yang tepat dan cepat bisa diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Dalam pelaksanaannya penilaian tidak hanya ditujukan ke sikap dan kemampuan individu pegawai yang akan melayani, namun juga sarana dan prasarana pendukung.

Pada akreditasi puskesmas ini yang dinilai adalah tiga kelompok pelayanan di antaranya kelompok administrasi manajemen, kelompok upaya kesehatan masyarakat, dan kelompok upaya kesehatan perorangan atau pelayanan kesehatan. (*)