2017, Tanah Datar Bangun 915 Rumah Warga Miskin

id GAPURA MANTAP

2017, Tanah Datar Bangun 915 Rumah Warga Miskin

Salah satu rumah warga kurang mampu yang dibantu pembangunannya melalui program Gapura Mantap. (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menargetkan hingga Desember 2017 selesai membangun 915 unit rumah warga kurang mampu di daerah itu.

"Dalam program Gapura Mantap Pemkab Tanah Datar akan membangun 915 unit rumah warga miskin, kami targetkan selesai dibangun akhir Desember 2017," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di Batusangkar, Jumat.

Wabup merinci 915 rumah yang akan dibangun itu terdiri dari 260 unit dari anggaran BSPS Kementerian PUPR, 868 unit dari anggaran APBD Tanah Datar dan 28 unit dari bantuan Basnaz, serta 14 unit dari Perantau Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD).

Program Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) pada prinsipnya menjadikan rumah sebagai tempat membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, anak-anak terdidik dengan baik, keluarga harmonis dan kuat.

"Jadi tidak sepantasnyalah tempat tinggal itu sempit dan tidak punya kamar lagi dan dapur pun dalam rumah tersebut, tentu itu tidak sehat. Dihuni satu keluarga, ada anak gadis dan laki-laki serta ayah dan ibu, itu akan lebih memprihatinkan," katanya.

Saat ini telah dilaksanakan dan akan dilakukan pemugaran sebanyak 915 unit rumah dengan rincian 14 unit rumah di 14 kecamatan bantuan dari perantau (IKTD) dengan anggaran sebesar Rp140 juta, Baznas Tanah Datar 28 unit sebesar Rp420 juta, bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) saat ini dalam proses sebanyak 260 unit sebesar Rp3,225 miliar.

Kemudian, pada APBD 2017 melalui APB Nagari dan pokok anggota DPRD sebanyak 608 unit dengan anggaran Rp7,522 miliar, dengan total anggaran sebesar Rp11,307 miliar.

Kepala Dinas Sosial Tanah Datar, Yuhardi menjelaskan di Kecamatan Sungai Tarab terdapat 85 unit rumah yang dibangun berdasarkan dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp1,125 miliar. Namun juga terdapat swadaya masyarakat sebesar Rp40 juta berupa pondasi, kuzen, daun pintu sementara untuk dinding, lantai dan atap dari dana BSPS melalui Dinas Parkim LH Tanah Datar.

Bantuan dana BSPS untuk 260 unit dengan total dana Rp3,225 miliar yang tersebar di dua kecamatan dan empat nagari yaitu Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab sebanyak 85 unit rumah, Nagari Koto Tuo 19 unit, Nagari Sungai Tarab 106 unit. Untuk Kecamatan Batipuah di Nagari Bungo Tanjung sebanyak 50 unit.

Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab dari 19 unit masih ada dua unit yang masih dalam tahap pengerjaan dan 6 unit di Nagari Sungai Tarab, Nagari Gurun sebanyak 2 unit. Sementara di Kecamatan Batipuah terdapat di Nagari Bungo Tanjuang dari 50 unit terdapat 2 unit yang masih dalam tahap penyelesaian.

Yuhardi menyampaikan program Gapura Mantap ini disambut baik oleh seluruh warga Tanah Datar, baik yang di kampung maupun yang ada di perantauan. (*)