Ini Langkah Padang Perbanyak Tarik Investasi Perkuat Wisata Halal

id Taman Muaro Lasak

Ini Langkah Padang Perbanyak Tarik Investasi Perkuat Wisata Halal

Taman Muaro Lasak. Salah satu infrastruktur pendukung wisata halal di Padang. (ANTARA SUMBAR/ M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar, berupaya menarik kalangan swasta baik dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan investasi dalam memperkuat pariwisata halal di daerah itu.

"Upaya ini dilakukan secara langsung dan tidak. Sejauh ini telah ada beberapa investor yang siap berinvestasi," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Jumat (24/11).

Upaya langsung menarik investor melalui sistem mengundang atau menjemput bola kepada investor atau melalui diskusi dalam suatu kegiatan. Sedangkan secara tidak langsung melalui kegiatan festival seperti Festival Seni Qasidah atau Tour de Singkarak.

Beberapa hal yang menjadi fokus dalam investasi antara lain infrastruktur, perkembangan perdagangan dan juga penguatan sumber daya manusia.

Untuk infrastruktur telah ada beberapa investor yang akan membantu dalam membangun sarana prasarana di lingkungan wisata Padang, misalnya rencana pembangunan "cable car" di Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang atau wahana permainan di Pantai Cimpago dan Muaro Lasak Padang.

"Kamis kemarin kami baru menandatangani nota kesepahaman dengan salah satu perusahaan swasta dari Jawa untuk penguatan wisata halal tersebut," ujarnya.

Salah satu yang menjadi fokus dalam kerja sama itu yakni penguatan industri wisata serta pembukaan kesempatan dalam pengembangan pasar wisata. Di samping itu juga berkaitan dengan pengembangan pasar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Padang.

"Ini penting mengingat dalam tiga tahun terakhir pemerintah telah menumbuhkan lebih kurang tujuh ribu wirausahawan baru," ujarnya.

Bahkan untuk tahun ini hampir tiga ribu UMKM tumbuh di Padang, dengan adanya kerja sama ini dapat membantu perluasan pasar produknya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Medi Iswandi menambahkan investasi untuk wisata halal juga difokuskan pada pengembangan wisata kuliner.

Menurutnya saat ini Padang sedang menggencarkan optimalisasi rumah makan direkomendasikan untuk wisatawan.

Jumlahnya telah lebih 50 unit, akan tetapi masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan sejalan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Padang. (*)