Wali Kota Solok : Pokdarwis Dukung Perkembangan Pariwisata

id Zul Elfian

Wali Kota Solok : Pokdarwis Dukung Perkembangan Pariwisata

Wali Kota Solok Zul Elfian. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Solok, (Antara Sumbar) - Wali Kota Solok Zul Elfian menyebutkan terbentuknya kelompok sadar wisata (Pokdarwis) akan mendukung perkembangan pariwisata di daerah tersebut pada deklarasi gerakan bersama sadar wisata di Taman pramuka, Pulau Belibis Kota Solok, Kamis (23/11).

Menurut Wali Kota untuk mengembangkan pariwisata tidak bisa dilepaskan dari dukungan semua pihak, terutama masyarakat dengan kelompok-kelompok sadar wisata.

"Kota Solok sangat diuntungkan dengan letaknya yang sangat strategis, tinggal bagaimana kita mengemas segala potensi yang ada sehingga bisa mengundang kehadiran wisatawan domestik maupun mancanegara," ujarnya .

Deklarasi atau pencanangan gerakan sadar wisata menjadi kebangkitan pariwisata Kota Solok. Sejumlah destinasi wisata mulai dibenahi seperti pulau belibis yang sempat menjadi ikon pariwisata kota Solok, Taman Kota, Taman Bidadari dan lainnya.

Pengembangan pariwisata tidak hanya bergantung pada pembangunan infrastruktur semata, akan tetapi perlu membangkitkan kesadaran masyarakat untuk siap menjadi tuan rumah yang baik dan ramah dalam menjamu wisatawan yang datang.

"Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat melalui Pokdarwis, dengan adanya kelompok ini akan sangat membantu pemerintah dalam pengembangam pariwisata kedepannya," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Solok mengatakan potensi alam dengan keragaman budaya dan tradisi yang dimiliki kota tersebut merupakan anugerah yang mesti dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam sebuah konsep wisata yang terstruktur sehingga membawa dampak bagi kemajuan ekonomi masyarakat.

"Konsep wisata yang dikembangkan kedepannya, tentu merujuk pada adat budaya maupun agama serta kearifan lokal daerah, sehingga tidak terjadi gesekan atau protes dari masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan walaupun Kota Solok tidak memiliki begitu banyak objek wisata, tapi jika yang ada sdikelola dengan serius dan maksimal tentu akan membawa dampak baik bagi perkembangan pariwisata kota tersebut.

Acara juga dihadiri Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua DPRD Yutriscan, Kajari Solok Aliansyah, Dandim 0309 Solok,dan segenap pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Kota Solok. (*)