Masyarakat Agam Antusias Saksikan Pebalap Tour de Singkarak

id TdS

Masyarakat Agam Antusias Saksikan Pebalap Tour de Singkarak

Warga Agam terlihat menyaksikan etape VI even TdS di Simpang Gudang Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kamis (23/11). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Masyarakat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, antusias menyaksikan pebalap saat melewati etape VI Tour de Singkarak (TdS) di daerah itu, Kamis.

Warga Agam berbaris rapi di sepanjang tepi jalan dari perbatasan Agam dengan Padangpariaman sampai perbatasan Agam dengan Kabupaten Pasaman.

"Kami berada di pinggir jalan ini satu jam menjelang pebalap melewati daerah ini," kata salah seorang warga Lubukbadung, Guslili (47) di Lubukbasung, Kamis.

Ia sengaja membawa dua orang anaknya untuk melihat pebalap TdS, karena even ini hanya satu kali dalam setahun.

Rencananya pada etape VIII dari Padangpariaman menuju Ambun Pagi, Kecamatan Matur, pada Sabtu (25/11), pihaknya juga akan melihat ke sana.

Warga lainnya Zaldi Putra (50) juga menyampaikan hal yang sama. Bapak yang memiliki empat anak ini sengaja datang ke Simpang Gudang, Manggopoh dengan jarak sekitar 25 kilometer dari rumahnya untuk melihat secara dekat aksi pebalap TdS.

"Saya berangkat dari rumah pada pukul 10:00 WIB dan sesampai di Simpang Gudang, masyarakat sudah ramai di lokasi itu," katanya.

Kapolres Agam, AKBP Ferry Suwandi mengatakan pihaknya mengerahkan 300 personel untuk mengamankan rute yang akan dilalui mulai dari Gasan Gadang Kecamatan Tanjungmutiara sampai ke Silareh Aia Kecamatan Palembayan.

Ke 300 personel itu terdiri dari anggota Polres Agam sebanyak 250 orang, Kodim 0304 Agam, Satpol PP Damkar, Dinas Perhubungan sebanyak 50 orang.

"Pengamanan ini difokuskan di lokasi persimpangan dan pusat keramaian dengan jumlah anggota satu sampai delapan orang," katanya.

Pebalap melewati wilayah hukum Polres itu sekitar pukul 11.00 sampai 11.50 WIB.

Etape VI start dari Pariaman dan finis di Kantor Bupati Pasaman Barat dan even tersebut berjalan dengan lancar. (*)