Payakumbuh Berikan Sertifikat Kader Imam dan Khatib Jumat

id imam dan khatib

Penyerahan sertifikat kepada 15 kader imam dan khatib jumat di Kota Payakumbuh. (istimewa)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan sertifikat kepada 15 kader imam dan khatib Jumat yang sebelumnya menjalani pelatihan di kota itu.

Penyerahan sertifikat itu diselenggarakan Aula lantai 3 Balaikota Payakumbuh, Rabu. Acara itu dihadiri Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Ipendi, Kepala kankemenag diwakili Kasi Bimas Islam Endra Rinaldi, Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Ali Amran dan Ketua Badan Kerja sama Mubalig dan Mesjid (BKSM) Bulkaini RM.

Kabag Kesra Setdako Ipendi mengatakan dengan adanya sertifikat tersebut, pemerintah daerah telah meyakini yang bersangkutan mampu menjadi imam dan khatib jumat.

Sehingganya sewaktu-waktu mereka dapat menjadi imam di tempat ibadah yang ada dilingkungannya serta mengganti jika khatib berhalangan.

Pemkot Payakumbuh juga berharap kerja sama dengan Pengurus DMI dan BKSM untuk mengkoordinasikan sekaligus memotivasi peserta yang sudah dilatih tersebut di kelurahan tempat domisilinya.

"Yang paling penting adalah pengurus mesjid memberikan kesempatan kepada peserta yang sudah dilatih untuk mempraktikkan ilmunya," kata dia.

Kasi Bimas Islam Endra Rinaldi mengatakan pelatihan imam mesjid dan khatib jumat yang digelar bagian Kesra cukup besar manfaatnya untuk melahirkan kader-kader di masa mendatang.

"Terwujudnya kader imam dan khatib di daerah dapat memberikan peluang kepada peserta yang telah ikuti pelatihan dan diberikan sertifikat sebagai bukti sudah layak untuk imam dan khatib," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar