Warga Lengayang Terpaksa Jual Rastra Demi Penuhi Kebutuhan Hidup

id rastra

Warga Lengayang Terpaksa Jual Rastra Demi Penuhi Kebutuhan Hidup

Tim Koordinasi Rastra Pesisir Selatan ketika mengunjungi Gudang Bulog Sago (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Sejumlah masyarakat penerima Beras Sejahtera (Rastra) di Nagari (Desa Adat) Kambang Timur, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjual jatahnya ke pedagang pengumpul untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Berbagai alasan diutarakan oleh masyarakat yang menjual rastra diantaranya tidak mampu menebus harga yang ditetapkan, bisa memanfaatkan uang hasil penjualan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga karena kualitas rastra yang tidak bagus," kata Wali Nagari Kambang Timur, Sondri di Painan, Rabu.

Kendati demikian pihaknya memastikan kegiatan jual beli rastra tidak melibatkan perangkat nagari, baik kepala kampung ataupun kader yang ditunjuk dalam pendistribusiannya.

"Hal itu bisa saya pertanggungjawaban karena walaupun sudah ada kepala kampung ataupun kader yang ditunjuk dalam pendistribusian rastra kegiatan itu tetap saya pantau," ujarnya.

Ia menyebutkan praktik jual beli rastra telah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir di nagari itu dan marak sejak bulan ini, namun ia tidak mengetahui berapa orang penerima rastra yang aktif menjualnya.

Terkait fenomena itu pihak telah beberapa kali mengingatkan masyarakat penerima agar tidak menjualnya namun masih saja membandel.

Ke depan pihaknya berencana mengkomunikasikan hal ini ke pejabat terkait apakah yang tindakan masyarakat salah atau sebaliknya.

Di Kambang Timur terdapat enam kampung dan berpenduduk sekitar 12 ribu jiwa, sementara alokasi rastra sekitar 6,5 ton tiap bulannya.

Ia menambahkan situasi ini telah diketahui oleh Bupati setempat, Hendrajoni dan ia mengaku telah menjelaskan duduk persoalannya. (*)