Polres Agam Siap Amankan Dua Etape Tour de Singkarak

id polisi

Polres Agam Siap Amankan Dua Etape  Tour de Singkarak

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat siap mengamankan rute yang akan dilalui pembalap Tour de Singkarak (TdS) pada etape VI Kamis (23/11) dan etape VIII Sabtu (25/11).

"Untuk mengamankan ini kami mengerahkan 300 personel berasal dari Polres Agam sebanyak 250 orang, Kodim 0304 Agam, Dinas Perhubungan, Satpol PP Damkar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam sebanyak 50 orang," kata Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi saat apel gelar pasukan TdS di Lubukbasung, Rabu.

Ke 300 personel itu akan mengamankan etape VI dari batas Agam dengan Padangpariaman sampai batas Agam ke Pasaman Barat.

Kemudian etape VIII dari batas Agam dengan Padangparaiaman sampai ke lokasi finis di Ambun Pagi Kecamatan Matur.

"Pengamanan ini akan dilakukan dibeberapa titik seperti, persimpangan, pusat keramaian, setiap bengkolan Kelok 44 dan lokasi finis di Ambun Tanai Kecamatan Matur," katanya.

Setiap persimpangan, pusat keramain dan Kelok 44 akan ditempatkan sebanyak satu sampai dua personel.

Khusus di Kelok lima, akan ditempatkan sebanyak delapan peronel, karena kondisi badan jalan dalam keadaan terban.

"Kita juga mencegah terjadinya teror kepada pembalap di lokasi finis. Ini untuk memberikan keamanan bagi para pembalap TdS," katanya.

Pihaknya mengajak agar masyarakat juga turut serta dalam menjaga keamanan dan kenyamanan saat event TdS tersebut dengan menjadi penonton yang tertib dan tidak gaduh.

"Jalan akan ditutup satu sampai dua jam sebelum start dilakukan, dan akan dibuka lagi setelah kendaraan terakhir dari rangkaian TdS melewatinya. Kita akan mengalihkan arus lalu lintas ke jalur alternatif yang telah disediakan," ujarnya.

Ia menambahkan, apel gelar pasukan yang dilakukan ini untuk mengukur kekuatan pengamanan rute yang akan dilalui pada etape VI dan VIII.

Setelah apel gelar pasukan, dilanjutkan simulasi pengamanan etape VIII dari perbatasan Agam dengan Padangpariaman sampai ke lokasi finis di Ambun Pagi, Kecamatan Matur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Jetson menambahkan, etape VI ini dengan star di Kota Pariaman dengan finis di kantor Bupati Pasaman Barat dan etape VIII finis di Padangpariaman dengan finis di Ambun Pagi Kecamatan Matur.

"Persiapan pelaksanaan etape VIII ini sudah mencapai 99 persen," katanya.

Di lokasi finis, Pemkab Agam akan menampilkan kesenian tradisional berupa silat gelombang, tambua tansa dan lainnya.

Selain itu, memberikan 150 paket cenderamata khas daerah itu berupa gantungan kunci, songket, tenunan, sebo, syal dan lainnya.

Cenderamata itu akan diserahkan kepada seluruh pebalap TdS di lokasi finis etape VIII.

"Cenderamata ini setiap tahun kita berikan kepada pebalap. Ini bentuk promosi hasil kerajinan kas daerah itu kepada peserta yang berasal dari pelbagai negara di Benua Asia, Eropa, Amerika dan Lainnya," katanya. (*)