Hindari Kecelakaan, Polisi Imbau Masyarakat Saksikan TdS dari Luar Bahu Jalan

id Polisi

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Solok Selatan, Sumatera Barat mengimbau masyarakat yang ingin menyaksikan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) agar menonton dari luar bahu jalan supaya tidak tersenggol pebalap yang melintas.

"Kalau menonton TdS dari bahu jalan bisa tersenggol dan menyebabkan bahaya bagi warga dan pebalap sendiri," kata Kepala Bagian Operasional Polres Solok Selatan, Kompol Benu Alam di Padang Aro, Rabu.

Kemudian masyarakat jangan menyeberang jalan ketika pebalap sedang melintasi rute Solok Selatan, mengikat ternak seperti sapi, kerbau maupun anjing agar tidak mengganggu pelaksanaan TdS.

"Jika binatang peliharaan tidak diikat dikhawatirkan memasuki lintasan karena terkejut dan ini bisa membahayakan pebalap," ujarnya.

Dia menyebutkan Polres setempat menyiagakan 447 personel untuk pengamanan TdS di Solok Selatan, terdiri dari polisi 200 personel, TNI 32 orang, Polisi Pamong Praja 102 orang dan petugas Dinas Perhubungan 112 orang.

"Personel yang bertugas mengamankan TdS disebar mulai perbatasan Ulu Suliti higga ke lokasi finis," ujarnya.

Personel ini ditempatkan di setiap persimpangan, sekitar swalayan, tikungan tajam serta di daerah kawasan permukiman warga yang ramai.

Etape V sendiri star di Kota Solok pukul 09.00 WIB dan diperkirakan sampai ke lokasi finis di depan kantor Bupati Solok Selatan pukul 12.45 WIB.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan Yolni Hendra mengatakan, pada ajang TdS tahun ini pemerintah setempat memberikan cenderamata miniatur rumah gadang yang merupakan produk UKM di Solok Selatan.

"Kami menyediakan sesuai dengan jumlah peserta yaitu 110 buah," katanya.

Selain itu pemerintah setempat juga sudah menyiapkan brosur untuk promosi pariwisata. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar