Padang Arahkan Seluruh Sekolah Berbasis Adiwiyata

id Adiwiyata

Padang Arahkan Seluruh Sekolah Berbasis Adiwiyata

Penghargaan Adiwiyata. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar, mendorong semua sekolah yang ada di daerah tersebut dapat berbasis Adiwiyata atau memiliki lingkungan dan infrastruktur berkategori bersih serta sehat.

"Sudah seharusnya semua pengelola sekolah berorientasi pada pelestarian lingkungan mandiri," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang, Al Amin di Padang, Selasa.

Salah satu pendukung ke arah itu dengan melakukan pengelolaan sampah secara terpadu yang melibatkan semua warga sekolah.

Dalam hal ini siswa dan guru sudah dapat melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik kemudian memproses menjadi barang yang bermanfaat.

Di samping itu dapat menguasai pengetahuan jika sampah organik dapat dimanfaatkan jadi pupuk dan anorganik untuk kerajinan atau dibuang secara khusus

"Rata-rata sekolah peraih Adiwiyata telah menerapkan pola pelestarian tersebut, tinggal saja penguatannya," lanjut dia.

Menurutnya upaya pelestarian lingkungan oleh warga sekolah dampaknya bukan semata raihan Adiwiyata saja, namun lebih dari itu mendukung sistem pembelajaran yang kondusif.

Pada kenyataannya sekolah yang bersih dan berbudaya sehat mampu menghasilkan siswa yang cerdas dan berprestasi.

Bukan hanya itu, sekolah tersebut juga menjadi percontohan untuk sekolah atau instansi lainnya dalam menerapkan pengelolaan lingkungan.

Secara keseluruhan mendukung pengelolaan lingkungan secara terpadu di Kota Padang.

"Untuk mewujudkan ke arah itu, kami senantiasa melakukan pembinaan kepada sekolah untuk mencapai syarat Adiwiyata," ujar dia.

Diharapkan ini dapat memotivasi warga sekolah untuk melakukan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.

Senada itu pengamat bidang lingkungan hidup dari Universitas Andalas Padang, Dr Ardinis Arbain mengatakan sekolah bisa menjadi sasaran efektif dalam sosialisasi pengelolaan lingkungan seperti sampah.

Khususnya sejak sekolah dasar, siswa dibiasakan untuk hidup bersih dan sehat.

Hal ini sebagai tujuan yang berkelanjutan dalam membentuk sumber daya yang sehat, bersih dan mandiri. (*)