Bupati Dorong OPD Berkreativitas Tingkatkan Kinerja Pelayanan

id Hendrajoni

Bupati Dorong OPD Berkreativitas Tingkatkan Kinerja Pelayanan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkreativitas dengan membuat terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Masing-masing OPD memiliki tugas yang berbeda, untuk menggelorakan semangat kerja jajarannya maka harus ada sebuah kreativitas pelayanan," katanya usai Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang digelar di halaman kantor Dinas Kesehatan setempat, Selasa.

Selain itu, katanya, kreativitas juga akan mampu memperkuat rasa kebersamaan antar jajaran OPD sehingga menjadi lebih kompak dalam melayani masyarakat.

Terkait kreativitas tersebut, Bupati Hendrajoni secara khusus memberi apresiasi ke Dinas Kesehatan setempat yang telah menyiapkan jargon dengan nama "Pesona Pessel" sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

Ia menyebutkan jargon tersebut selain berisikan pesan-pesan seputar kesehatan juga seirama dengan program pemerintah kabupaten setempat yang saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata.

"Ketika kita mendengar kata "Pesona Pessel" tentu saja akan berpikiran tentang objek wisata di Pesisir Selatan yang terkenal dengan keindahannya, padahal tidak, itu merupakan jargon Dinas Kesehatan dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," ujarnya.

Ia merinci kepanjangan jargon "Pesona Pessel" ialah pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan penyakit tidak menular, enyahkan asap rokok, stop buang air besar sembarangan, olahraga secara teratur dan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, nagari siaga aktif menuju kemandirian, anak mendapat imunisasi lengkap.

Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan secara teratur ke fasilitas kesehatan, eratkan hubungan ibu dan anak melalui pemberian ASI eksklusif, siaga kejadian luar biasa (KLB), wabah, dan bencana, sarana air bersih yang memenuhi syarat kesehatan, edukasi keluarga sehat dan keluarga berencana, dan layanan kesehatan paripurna dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pada kesempatan itu selain meluncurkan jargon "Pesona Pessel", ia juga menegaskan akan terus mengevaluasi kinerja OPD di daerah itu, jika tidak mampu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat maka akan dilakukan penggantian kepala OPD.

"Pesisir Selatan butuh pejabat pekerja keras jika semenjak dilantik tidak menunjukkan prestasi, lebih baik diganti dengan orang-orang yang lebih mampu," katanya lagi. (*)