Pemkab Upayakan 2018 Ada Resort Tampung Peserta TdS

id TdS

Pemkab Upayakan 2018 Ada Resort Tampung Peserta TdS

Sejumlah Pejabat Kabupaten Solok menyaksikan Start Lomba Balap Sepeda Tour de Singkarak di dermaga Danau Singkarak, Selasa (21/11) ( Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat mengusahakan pada 2018 membangun resort atau penginapan guna menampung peserta even Tour de Singkarak di daerah tersebut.

"Resort yang akan dibangun hanya berjarak 1 km dari dermaga Singkarak dengan anggaran sekitar 50 miliar akan dibangun anggota DPR RI Epyardi Asda di kawasan Singkarak," kata Wakil Bupati, Yulfadri Nurdin di Singkarak, Selasa saat pelepasan peserta TdS Etape 4.

Ia mengatakan even Tour de Singkarak harus bisa membangun ekonomi yang akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Walaupun, pembenahan objek wisata di Dermaga Danau Singkarak ini belum maksimal.

"Apalagi TdS telah melalui berbagai kota dan Kabupaten di Sumbar, sebagai Kabupaten pencetus tentu kita mengharapkan adanya efek dari TdS ini untuk perkembangan pariwisata daerah," ujarnya.

TdS sudah dilaksanakan sebanyak sembilan kali, tapi peserta belum ada yang bisa menginap di Kabupaten Solok mengingat keterbatasan dan kekurangan fasilitas yang ada.

Untuk mewujudkan harapan itu, tentu masih banyak yang harus dibenahi terutama dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendukung, seperti tempat penginapan, pusat penjualan oleh-oleh, pusat perbelanjaan dan fasilitas lainnya yang bisa membantu memenuhi kebutuhan wisatawan selama berada di daerah wisata.

Dengan dibangunnya resort oleh Anggota DPR RI Epiyardi Asda ditambah dengan potensi alam yang dimiliki daerah Kabupaten Solok ini, Yulfadri merasa yakin peluang untuk menjadikan Singkarak sebagai grand finish maupun grand start pada Tds berikutnya tetap terbuka.

"Insyaallah TdS tahun depan seluruh pembalab sudah bisa menginap di Kabupaten Solok, ujarnya.

Ia juga mengapresiasi ribuan masyarakat yang turut meramaikan TdS yang lokasinya start di Dermaga Singkarak.

Start Etape 4 di Danau Singkarak juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan budaya seperti tari piring, silek harimau, tari payung bakencak dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra Frasat mengatakan berbagai objek wisata di Kabupaten sudah dikejarkan pada tahun ini dan akan berlanjut tahun depan demi menyukseskan daerah tersebut menjadi destinasi wisata.

"Beberapa objek yang sedang dikejarkan adalah Taman Hutan Kota Wisata (THKW) dan Convention hall Alahan Panjang," ujarnya.

Melalui Event Tds ini, paling tidak kekayaan alam maupun kekayaan seni dan budaya masyarakat Kabupaten Solok dapat diperkenalkan ke dunia internasional. Penyebarluasan informasi ini sangat mendukung daerah Kabupaten Solok dalam mengembangkan sektor pariwisata sehingga daerah ini menjadi daerah tujuan wisata.

"TdS, dulunya star perdana di Kabupaten Solok pada 2009 lalu saat Gusmal menjadi Bupati periode pertama. Sekarang, alhamdulillah, star pada etape 4," ujarnya. (*)