PDAM Tirta Antokan Agam Naik Status Menjadi Sehat

id PDAM

PDAM Tirta Antokan Agam Naik Status Menjadi Sehat

Ilustrasi - Pipa jaringan distribusi air PDAM. (cc)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Badan Peningkatan Penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menaikkan status Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, Sumatera Barat dari kurang sehat menjadi sehat.

"Ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan BPPSPAM dan BPKP pada 2016," kata Ketua BPPSPAM, Ahmad Naufal saat workshop penyusunan bussiness plan PDAM Tirta Antokan Agam di Lubukbasung, Selasa.

Ia menjelaskan dari 378 unit PDAM yang dievaluasi pada 2016, sebanyak 209 unit PDAM memiliki kinerja sehat termasuk di dalamnya PDAM Tirta Antokan Agam.

Sedangkan 103 unit PDAM lainnya memiliki kinerja kurang sehat, dan sebanyak 66 unit PDAM memiliki kinerja sakit.

"Penilaian ini berdasarkan empat aspek yakni, keuangan, pelayanan, operasional dan sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Menurut dia penyebab kinerja PDAM tidak sehat secara garis besar akibat masih rendahnya cakupan pelayanan, tidak efisien biaya produksi, belum optimal pendapatan, tingkat kehilangan air masih tinggi, jumlah pegawai dan lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan itu, BPPSPAM melakukan kegiatan penyusunan bussiness plan. Hasil perumusan ini akan dituangkan pada perencanaan yang telah dibuat konsultan.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan Pemda, PDAM dan lainnya. Bahan ini akan menjadi pedoman dan rekomendasi untuk pemerintah pusat," katanya.

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Endrimelson menambahkan PDAM Tirta Antokan memiliki status sehat dan menerima opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan pada 2016 merupakan pertama kali diperoleh PDAM Agam.

Ke depan, PDAM akan menyiapkan diri dan akan melengkapi dukumen yang diperlukan dalam penyusunan perencanaan.

Tujuan penyusunan ini sebagai acuan dalam menentukan program secara bertahap, sebagai sarana evaluasi untuk mengukur kinerja PDAM, untuk mengidentifikasi kebutuhan pelayanan baik dari segi cakupan maupun kualitas pelayanan dan lainnya.

"Kegiatan workshop tersebut dengan nara sumber BPPSPAM dan peserta dari OPD, DPRD Agam, dewan pengawas dan pelangan PDAM," katanya.

Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kesra Sekretariat Agam, Isman Imran, mengucapkan selamat kepada PDAM Tirta Antokan Agam yang telah meraih WTP dan PDAM sehat.

"Kita berharap prestasi ini dapat dipertahankan untuk tahun depan," katanya. (*)