32 Pemandu Disiapkan Bantu Pebalap Tour de Singkarak Saat Finis di Solok Selatan

id pemandu wisata

Ilustrasi - Pemandu wisata. (cc)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyiapkan sebanyak 32 pemandu yang fasih berbahasa Inggris untuk membantu para pebalap Tour de Singkarak (TdS) saat sampai di lokasi finis.

"Para pemandu ini sudah melalui seleksi dan sekarang diberikan pembekalan agar saat bekerja nanti tidak ada kendala," kata koordinator seleksi, A Rahman di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan 32 pemandu ini terdiri dari dua koordinator, masing-masing 10 orang dari guru Bahasa Inggris, mahasiswa dan pelajar setingkat SLTA maupun SMP.

Solok Selatan mendapat jadwal sebagai lokasi finis etape V pada 22 November 2017. Pemerintah setempat mengalokasikan anggaran sekitar Rp200 juta untuk kegiatan tersebut.

Dalam memeriahkan TdS tahun ini, pemerintah Solok Selatan menggelar Festival Seribu Rumah Gadang yang dipusatkan di Kawasan Seribu Rumah Gadang Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, pada 19-21 November.

Festival tersebut dimeriahkan sejumlah pagelaran kesenian dan budaya seperti arak-arakan prosesi adat, makan bajamba, pameran kuliner asli Solok Selatan, karnaval tari, gontong-gontong dan penampilan silat tradisional yang berkembang di daerah itu.

Festival itu diharapkan mampu menyedot minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata kampung adat Kawasan Seribu Rumah Gadang.

Pemerintah setempat sudah menyiapkan kerajinan tangan miniatur Seribu Rumah Gadang sebagai cenderamata bagi para pebalap.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan Yolni Hendra mengatakan, cenderamata miniatur rumah gadang merupakan produk UKM di Solok Selatan.

"Kami menyediakan sesuai dengan jumlah peserta yaitu 110 buah," katanya.

Selain itu pemerintah setempat juga sudah menyiapkan brosur untuk promosi pariwisata.

Etape V sendiri direncanakan star di Kota Solok pukul 09.00 WIB dan diperkirakan sampai ke lokasi finis di depan kantor Bupati Solok Selatan pukul 12.45 WIB. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar