Klaim Kualitas Jalan Terbaik, Pemkot Payakumbuh Pastikan Jalur TdS Aman Dilewati

id Muslim

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Payakumbuh, Muslim. (Antara Sumbar/Mardikola TR)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, memastikan ruas jalan yang akan ditempuh pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2017 dalam keadaan layak, dan aman dilewati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Payakumbuh, Muslim di Payakumbuh, Selasa, mengatakan setelah dilakukan survei oleh tim teknis pelaksanaan TdS semua jalan dalam keadaan baik.

"Bahkan kualitas jalan di Kota Payakumbuh dinyatakan terbaik dibanding kabupaten dan kota lain di Sumbar," kata dia.

Ia mengatakan untuk TdS tahun ke-9 ini, Payakumbuh akan dilalui dua kali yakni etape empat dan tujuh.

Untuk etape empat Payakumbuh akan menjadi lokasi finis pada 21 November. Adapun jalan yang akan dilewati 11 ruas dengan total panjang 23,3 kilometer.

Sedangkan etape tujuh daerah yang berjulukan "Kota Batiah" itu akan dilewati etape tujuh yang dimulai dari Lembah Harau dan finis di Padang Panjang melewati enam ruas jalan sepanjang 4,5 kilometer.

Ia menyebutkan secara khusus pihaknya tidak ada memperbaiki jalan untuk pelaksanaan TdS karena itu sudah menjadi program pemerintah pusat setiap tahunnya.

"Perbaikan itu tidak dikhususkan hanya untuk TdS, tapi juga kebutuhan masyarakat, dan saat ini 80 persen jalan di Payakumbuh dalam keadaan baik," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Elfriza Zaharman mengatakan TdS tahun ini melewati rute baru yakni dari Labuah Basilang menuju Tiaka Payobasuang, hal ini untuk menanggapi keinginan masyarakat yang ingin lokasi tersebut dilewati TdS.

Sepanjang ruas jalan tersebut akan dimeriahkan oleh para pelajar yang akan melambaikan bendera-bendera kecil saat pebalap lewat.

Untuk TdS pada tahun ini daerah itu akan dilalui oleh stage empat pada 21 November yang dimulai dari Dermaga Singkarak.

"Untuk lokasi finis-nya masih sama dengan tahun sebelumnya, di Kawasan Medan Bapaneh Ngalau Indah," kata dia.

Untuk memeriahkan even tersebut, pihaknya akan menampilkan permainan anak nagari seperti pacu itiak dan kesenian tradisional daerah. (*)


Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar