385 Personil Gabungan di Payakumbuh Siap Amankan TdS 2017

id TdS Payakumbuh

385 Personil Gabungan di Payakumbuh Siap Amankan TdS 2017

Persiapan TdS Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR/Mardikola Tri Rahmad)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Sebanyak 385 personil di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), akan mengamanakan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2017.

Wakapolres Kota Payakumbuh Kompol Eddisra di Payakumbuh, Senin (20/11) mengatakan 385 personil tersebut berasal dari tiga instansi, yakni 310 dari kepolisian, TNI 25 prajurit, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) 25 personil serta 25 lagi dari dinas perhubungan.

"Untuk pengamanan Tds ini, kami telah matangkan pesiapan, dan pada Sabtu kemarin sudah dilakukan gladinya," kata dia.

Personel tersebut akan dibagi dalam beberapa tim sesuai dengan lokasi penugasannnya dalam mengamankan ajang tahun itu.

Personel tersebut akan ditempatkan pada sejumlah titik yang dianggap rawan seperti di persimpangan, perlintasan, dan sebagainya.

Kemudian titik-tik kerawanan yang timbul sebagai sebuah fenomena dalam masyarakat harus dikelola dengan baik, sehingga tidak mengganggu Kamtibmas dan berdampak terhadap pelaksanaan Tds, seperti Pasar Ibuah.

Selain itu pihak dan instansi terkait juga telah memetakan titik-jalan jalan yang akan ditutup saat balapan berlangsung.

Wakapolres menyebutkan pihaknya akan melakukan kontrol, pemantauan, serta suvei menjelang pelaksanaan Tds tersebut untuk memastikan lintasan tersebut aman untuk dilalui pebalap.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Elfriza Zaharman mengatakan untuk Tds pada tahun ini daerah itu akan dilalui oleh stage empat pada 21 November yang dimulai dari Dermaga Singkarak.

"Untuk lokasi finisnya masih sama pada tahun sebelumnya, di Kawasan Medan Bapaneh Ngalau Indah," kata dia.

Ia menambahkan untuk memeriahkan iven tersebut, pihaknya akan menampilkan permainan anak nagari seperti pacu itiak dan kesenian tradisional daerah. (*)