Sumbar Belum Masuk Daerah Sadar Gempa

id Gempa

Sumbar Belum Masuk Daerah Sadar Gempa

Ilustrasi Gempa Bumi. ( streetroots.wordpress.com)

Padang, (Antara Sumbar) - Pakar Gempa dari Universitas Andalas (Unand) Dr Badrul Mustafa mengatakan Sumbar secara umum belum termasuk kepada daerah yang sadar gempa karena di beberapa kabupaten/kotanya masih terdapat bangunan tidak tahan bencana itu.

"Saya ingin pemerintah setempat dapat mendorong daerah-daerah yang rawan bencana gempa dan tsunami dapat meningkatkan kesiapsiagaannya baik itu fisik dan non fisik dalam menghadapi bencana itu," katanya di Padang, Senin (20/11).

Daerah yang dapat dinilai sadar gempa yakni mempunyai bangunan yang tahan akan gempa untuk dijadikan shelter tempat evakuasi sementara dari tsunami, jalur evakuasi yang jelas dan terarah, serta kesadaran tinggi masyarakat atas kesiagaan bencana.

"Kategori tersebut masih belum dimiliki oleh kabupaten/kota di Sumbar, maka dari itu perlu perhatian dari pemerintah dalam meningkatkan kesadaran akan bencana tersebut," ujarnya.

Secara umum di Sumbar, kota yang sedikit lebih sigap dalam menanggulangi gempa yakni Kota Padang. Karena dekat dengan provinsi Kota Padang telah lebih maju dibandingkan yang lain.

"Walaupun bisa dikatakan kota yang lebih siap akan bencana gempa, Kota Padang masih perlu memperbanyak shelter pada bangunan tinggi yang telah berfungsi misalnya, sekolah, pasar dan hotel," tambahnya.

Dan jalur evakuasi juga disiapkan, karena beberapa jalur evakuasi di Padang masih belum dituntaskan karena terkendala pembebasan lahan.

"Dalam hal ini diminta kesediaan masyarakat untuk memberikan tanahnya untuk dipakai dalam pembuatan jalur evakuasi ini," katanya. (*)