Ribuan Warga Pesisir Selatan Antusias Saksikan Pelepasan TdS

id #TdS #Pariwisata Sumbar#Etape Pesisir Selatan

Ribuan Warga Pesisir Selatan Antusias Saksikan Pelepasan TdS

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni berada dekat dengan pelepasan pebalap Tour de Singkarak di pantai Carocok Painan. (bb)

Painan, (Antara Sumbar) - Ribuan warga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tumpah ruah menyaksikan pelepasan 108 pebalap Tour de Singkarak (TdS) 2017 etape II dari daerah setempat ke Kota Sawahlunto di Pantai Carocok Painan, Minggu (19/11).

Pelepasan pebalap dilakukan oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni didampingi pejabat setempat, Provinsi Sumbar dan juga kementerian terkait.

Pada kesempatan itu, beberapa warga memuji keseriusan pemerintah kabupaten dalam menyelenggarakan kegiatan berskala internasional itu.

"Start balapan dilakukan dengan membelakangi keindahan Pantai Carocok dan hal ini cukup positif untuk mempromosikan objek wisata," kata warga Kecamatan IV Jurai, Zulkifli.

Beda halnya dengan warga yang berasal dari Kecamatan Bayang, Aprinal, ia memuji jamuan makan malam oleh Bupati setempat ke para pebalap serta official pada saat sebelum balapan.

"Jamuan itu akan mereka jadikan sebagai cerita baik ke keluarga ataupun teman-temannya, bahwa interaksi pejabat Pesisir Selatan cukup hangat kepada tamu, dengan begitu tentu saja akan banyak orang yang tertarik datang ke sini," ujarnya.



Selain menyaksikan pelepasan para pebalap ribuan warga juga memadati pinggiran jalan di sepanjang lintasan etape II mulai dari Kecamatan IV Jurai, Bayang dan juga Koto XI Tarusan.

Diantara dari mereka terlihat memegang Bendera Merah Putih sebagai wujud dukungan terhadap pebalap Indonesia yang ikut berkompetisi pada balapan itu.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyebutkan balapan TdS 2017 akan semakin mempopulerkan beberapa objek wisata andalan di daerah setempat.

"Objek wisata Pantai Carocok Painan, Sungai Batang Tarusan, dan Rest Area Sibingke akan semakin populer karena setiap kali awak media mengeksplorasi kegiatan pebalap di lokasi maka secara langsung keindahan objek wisata itu juga terekspos," sebutnya.

Selain itu, TdS juga akan mempopulerkan keramahtamahan masyarakat Pesisir Selatan melalui para pebalap dan official, terutama mereka yang menginap di beberapa rumah singgah dan hotel pada daerah setempat.

"Sekitar 314 pebalap dan official menginap di Pesisir Selatan, semoga interaksi antara pegawai rumah singgah dan hotel mampu meyakinkan para mereka bahwa masyarakat daerah ini ramah terhadap wisatawan," kata dia.



Ia menambahkan secara keseluruhan pergelaran TdS di kabupaten itu berlangsung meriah dan sesuai dengan rencana, hal itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan instansi terkait.

"Kami bersyukur tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama TdS dan ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat serta instansi terkait, semoga dengan TdS Pesisir Selatan tidak hanya dikenal di tingkat nasional namun juga internasional," katanya lagi.***