Padang Panjang Siap Terapkan e - Office

id E-Office

Padang Panjang Siap Terapkan e - Office

E-Office (Int)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat berencana menerapkan sistem administrasi perkantoran berbasis elektronik atau e - office untuk efesiensi dan efektivitas kerja.

"Dengan adanya sistem tersebut kami berharap akan terjadi efesiensi dan efektivitas kerja dalam mendukung program reformasi birokrasi," kata Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Ikhsanul Sataruddin di Padang Panjang, Senin (20/11).

Reformasi Birokrasi 2010 2014 telah menetapkan tujuan program penataan tata laksana yaitu untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas bisinis, proses dan mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan.

Targetnya yaitu, meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan dan meningkatnya efesiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan.

"Melihat efektivitas dan efesiensi pengaplikasian data secara elektronik ini, Pemkot Padang Panjang melalui Dinas Kominfo sudah melaksanakan pembekalan dan pelatihan bagi perwakilan setiap OPD," ujarnya.

Sejumlah keunggulan diterapkannya e - office tersebut diantaranya dapat meningkatkan efesiensi kerja dengan penerapan online dokumen yang mendukung konsep paperless.

Kemudian, aplikasi ini juga dapat mempermudah pengelolaan tugas dari setiap surat yang masuk serta pengelolaan sasaran kerja pegawai tiap bulannya.

Kepala Dinas Kominfo Marwilis mengatakan Pemkot telah melaksanakan pelatihan terkait e-office kepada seluruh perwakilan masing masing OPD dan ditargetkan penerapannya tahun depan.

"Kita berupaya ditahun depan seluruh OPD di Padang Panjang dapat menerapkan Aplikasi e-office ini," katanya. (*)