Pelaku UMKM Kemas Produk Semenarik Mungkin Agar Mampu Bersaing di Pasaran

id produk ukm

Produk UMKM Payakumbuh yang dipamerkan dalam Sumbar Expo di Batam. (Antara Sumbar/Mardikola TR)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu untuk mengemas produk semenarik mungkin dan memperbaiki kualitas rasa agar mampu bersaing di pasar nasional maupun global.

Wakil Wali Kota setempat, Erwin Yunaz di Payakumbuh, Senin, mengatakan agar mampu bersaing di pasar global pelaku UMKM harus terus memperbaiki kualitas sesuai perkembangan dan tuntutan pasar.

Untuk menambah pengetahuan dan lebih mengenal selera pasar pelaku UMKM bisa memanfaatkan pameran-pameran yang pernah digelar pemerintah setempat maupun swasta.

Melalui pameran pelaku usaha mikro dapat memperkenalkan dan memasarkan produknya, dan akan ketahuan apakah diterima pasar atau belum sehingga menjadi ajang evaluasi untuk perbaikan.

Misalnya even Sumbar Expo yang diselenggarakan di Batam pada Oktober lalu bisa diikuti pelaku UMKM. Sekecil apa pun peluang harus ditangkap dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Dari pameran demi pameran itu, pelaku UMKM dapat belajar banyak, apalagi yang ikut dalam even Sumbar Expo itu dari berbagai daerah sehingga bisa saling tukar pengalaman dan pengetahuan untuk perbaikan kualitas produk yang dihasilkan.
Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Promosi Produk UKM Dinas Koperasi dan UKM Elfirahmawati mengatakan Payakumbuh mempunyai beberapa produk unggulan di antaranya makanan khas rendang dan galamai, tenun, kain sulaman serta bordiran, tas kerajinan, asesoris fashion dan sebagainya.

Ia mencontohkan pada pada Sumbar Expo di Batam beberapa waktu lalu, pihaknya membawa produk unggulan tersebut.

Pada pameran tersebut sejumlah produk unggulan banyak diminati pengunjung seperti rendang dan gelamai. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar