Gudang Arsip Dinas Pertanian Solok Selatan Terbakar

id gudang arsip terbakar

Gudang Arsip Dinas Pertanian Solok Selatan Terbakar

Seorang pegawai sedang melihat puing-puing kebakaran gudang arsip Dinas Pertanian, Senin (20/11). (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Gudang arsip Dinas Pertanian Solok Selatan, Sumatera Barat terbakar Kamis sekitar pukul 05.00 Wib.

Penjaga Kantor Dinas Pertanian Eni (60), di Padang Aro, Senin, mengatakan api berasal dari dalam gudang arsip dan saat diketahui api sudah mulai membesar karena di dalamnya berisikan bahan yang mudah terbakar.

"Yang pertama mengetahui gudang arsip terbakar anak saya setelah terdengar di dinding roboh," katanya.

Dia mengatakan saat diketahui api sudah besar sehingga hanya satu unit sepeda motor dan satu televisi yang berhasil diselamatkan.

Ijazah beserta sertifikat tanah milik Eni hangus terbakar sebab rumah penjagaan bersebelahan dengan gudang arsip.

"Saat kebakaran anak saya masih nonton televisi dan kami berempat tidak ada yang merokok," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Pol PP dan Damkar Zainal Abidin mengatakan, pihaknya sudah menyiram seluruh bagian bangunan yang terbakar supaya tidak menyala lagi.

"Subuh tadi kami langsung melakukan penyiraman untuk antisipasi meluasnya kebakaran," katanya.

Sampai saat ini kata dia, petugas dinas pertanian masih melakukan perhitungan kerugian akibat kebakaran gudang arsip.

"Penyebabnya juga masih dicari tahu oleh petugas," katanya.

Pada kejadian tersebut katanya, tidak ada korban jiwa karena penjaga kantor berhasil keluar sebelum api sampai ke kediamannya.

Gudang arsip yang terbakar saat ini sudah diberi garis polisi dan terlihat asap masih keluar dari tumpukan kertas yang terbakar.

Didalam gudang tersebut bukan hanya berisikan kertas tetapi juga banyak roda kendaraan bekas serta berbagai peralatan pertanian seperti mesin bajak, komputer semprot dan lainnya. (*)