Sumbar Perkirakan Anggaran HPN 2018 Rp25 Miliar

id HPN 2018

Sumbar Perkirakan Anggaran HPN 2018 Rp25 Miliar

Logo, HPN 2018. (cc)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperkirakan biaya atau anggaran rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan di daerah itu mencapai Rp25 miliar.

"Anggaran tersebut naik Rp9 miliar dari perkiraan sebelumnya Rp16 miliar yang dibahas beberapa waktu lalu di Jakarta," kata Asisten III Provinsi Sumbar Nasir Ahmad di Padang, Senin.

Ia mengatakan besarnya perkiraan anggaran tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih di berbagai sisi oleh pemerintah daerah serta masyarakat pada umumnya.

Pemerintah Provinsi Sumbar memperkirakan akan kedatangan tamu kurang lebih 3.000 orang ke daerah itu selama rangkaian kegiatan HPN berlangsung.

Namun dari jumlah tersebut, pemerintah provinsi hanya menanggung 500 orang tamu undangan sedangkan sisanya merupakan biaya tanggungan masing-masing.

"2.500 tamu tersebut diharapkan dapat membantu mendorong dan meningkatkan sisi ekonomi, pariwisata dan lainnya selama kegiatan HPN berlangsung," ujar dia.

Untuk menghadapi HPN 2018 pemerintah provinsi ujar dia, telah melakukan sejumlah persiapan termasuk berkoordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar.

Gubernur Sumbar telah memberikan arahan dan instruksi kepada seluruh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar mencari serta mengupayakan singkronisasi program dengan HPN 2018.

"Tujuannya agar pengeluaran anggaran yang cukup besar tersebut dapat dimanfaatkan daerah selama kegiatan HPN berlangsung sehingga tidak sia-sia," katanya.

Sementara itu Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengatakan penyelenggaraan HPN ke-34 di provinsi itu akan membawa dampak positif bagi daerah di berbagai sektor seperti program pembangunan, pariwisata, ekonomi kreatif dan lain sebagainya.

"Pada saat hari puncak HPN 2018 Presiden akan datang bersama sejumlah Menteri, hal itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin salah satunya dengan mengajukan berbagai program unggulan seperti pengembangan objek wisata Mandeh dan lainnya," kata dia.

Oleh karena itu ujarnya, peran insan pers cukup penting dalam membantu penyebarluasan informasi atau berita agar target tersebut dapat tercapai.

Apalagi kata dia, Sumbar merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia sehingga diharapkan lebih unggul dari objek wisata lainnya.

Hal itu didukung dengan berbagai objek wisata unggulan seperti sektor religius, sejarah, wisata alam, budaya dan lain sebagainya yang memiliki nilai tersendiri. (*)