Ini Siswa di Sumbar Ikuti Kelas Film AFE

id AFE

Logo AFE. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 22 orang siswa dari beberapa sekolah yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti kelas film yang digelar dalam rangkaian acara Andalas Film Exhibition (AFE) pada tanggal 18 dan 19 November 2017.

Direktur Festival, Findo Bramata Sandi saat dihubungi di Padang, Minggu, mengatakan kelas film ini nantinya akan diadakan di dua tempat, yaitu di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand dan kantor BPNB Padang.

"Selama dua hari ini peserta akan diberikan berbagai materi terkait perfilman, seperti penyutradaraan, penulisan skenario serta management produksi," katanya.

Ia menyebutkan, kelas film ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara AFE yang digelar sejak 18 November hingga 3 Desember 2017.

Menurut dia, program AFE ini telah dirancang selama 2 tahun dengan sebelumnya melakukan studi mengenai festival-festival film di Indonesia dengan cara mengikutinya.

"Setelah melakukan persiapan yang cukup panjang akhirnya program ini dapat berjalan dengan bantuan banyak pihak” ujarnya.

Sementara itu Dekan FIB Unand, Dr. Hasannudin Yunus menyambut baik dan siap untuk memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan AFE 2017 ini.

"Selain sebagai sebuah terobosan baru di dunia perfilman Sumbar, AFE diharapkan dapat memicu lahirnya para kreator dan kritikus dibidang film dan kesenian lainnya," kata dia.

Sebelumnya, dalam pembukaan kelas Film AFE, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang, Suarman mengatakan film adalah satu media yang dapat digunakan dalam mendokumentasikan budaya.

“Selain teks, film juga merupakan salah satu usaha yang efektif untuk upaya pembangunan budaya,” katanya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar