Rektor : Alumni Unand Capai 122 Ribu di Seluruh Dunia

id Unand

Kampus Unand (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Jumlah alumni Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar hingga November 2017 telah mencapai 122 ribu orang yang tersebar di seluruh dunia.

"Termasuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Asman Abnur sebagai ketua Alumni Unand," kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni, usai melantik 1021 wisudawan tingkat sarjana dan diploma ke IV di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan dengan tambahan738 wisudawan tingkat program pascasarjana dan spesialis jumlah tersebut tercukupi sejak berdiri 1956.

Lulusan Unand banyak tersebar di jajaran pemerintahan, pengusaha, politisi, dan staf ahli di luar negeri.

Bahkan sebagian lulusan teknik menjadi teknisi andal di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kemudian beberapa menjadi praktisi, pengusaha mandiri dan pejabat BUMN.

Secara keseluruhan, sebagian besar alumni berada di Sumbar baik lulusan dari sarjana, pascasarjana serta spesialis.

Salah satu pekerjaan rumah untuk alumni ini yakni memeratakan dalam mendapat pekerjaan.

Upayanya dengan mengenalkan dan mempromosikan Unand lebih jauh ke nasional dan dunia guna sejajar bersama kampus lainnya.

Senada, perwakilan Alumni Unand Surya Tri menilai tantangan alumni bukan pemerataan kerja atau usaha melainkan meyakinkan dunia atas kualitasnya.

Menurutnya dengan capaian Unand berada di peringkat 12, sudah seharusnya dunia kerja dan usaha sudah mengenal kemampuan lulusannya.

Inilah yang perlu jadi keseriusan alumni dan kampus untuk terus melakukan kerja sama dan penguatan di segala sektor. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar