Astra Berdayakan Masyarakat Solok Melalui Empat Pilar

id GULA ASTRA

Grup Astra Internasional Padang memperlihatkan hasil produksi gula aren masyarakat Jorong Tabek Kanagarian Talang Babungo Kabupten Solok Sumatera Barat pada Jumat,(17/11). Jorong tersebut merupakan salah satu daerah yang mendapatkan dana CSR dari Astra Internasional sejak tahun 2016 dengan program "Kampung Berseri Astra". (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Astra Internasional Grup Padang memberdayakan masyarakat Jorong Tabek Kanagarian Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, melalui pembangunan empat pilar yakni bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan.

"Jorong Tabek Babungo merupakan bagian dari program CSR Astra yaitu 'Kampung Berseri Astra', pendampingan akan terus diberikan hingga kampung ini dapat mandiri," kata Ketua Astra Internasional Padang Iman Nurcahyo di Padang, Jumat (18/7).

Dalam bidang kesehatan, Astra memberikan pendampingan posyandu berupa pemberian sarana dan prasarana posyandu.

Sehingga posyandu Kecubung I dapat memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat melalui sistem terintegrasi antara posyandu, pendidikan anak usia dini dan edukasi terhadap orang tua balita.

"Posyandu ini masuk dalam lima posyandu terbaik se-Indonesia yang diperlombakan oleh Astra," ujarnya

Grup Astra Padang merupakan kumpulan 14 perusahaan Astra yang berada di Padang seperti Auto 2000, Daihatsu, Isuzu, Asuransi Astra, TRAC, United Tractor, Traktor Nusantara, Bank Permata, Astra Finance dan lainnya.

Mereka juga memprakarsai kegiatan Pesta Rakyat Kampung Berseri Astra di Jorong Tabek Kanagarian Talang Babungo yang terdiri dari perlombaan tradisional berpa Seperti lomba masak, lomba memasukkan belut ke botol, pertandingan bola menggunakan kain sarungdan lainnya.

"Pesta Rakyat sendiri berjalan meriah dan diikuti seluruh masyarakat Kampung Berseri Astra Jorong Tabek Talang Babungo," kata dia.

Wali Nagari Talang Babungo, Zulfatriadi mengapresiasi langkah Astra untuk membesarkan wilayah ini.

"Berbagai kegiatan positif telah mereka lakukan agar kampung ini dapat tumbuh menjadi pebih maju," katanya.

Sementara Koordinator Kampung Berseri Astra, Kasri Satra menyatakan bantuan yang diberikan oleh Astra begitu besar dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Banyak perubahan yang terjadi sejak kampung ini ditetapkan sebagai Kampung Berseri Astra terutama dalam empat pilar tersebut," ujar dia.

Sedangkan untuk bidang pendidikan, saat ini madrasah yang ada di jorong ini menjadi perwakilan kabupaten Solok untuk perlombaan sekolah sehat dan adiwiyata di tingkat Provinsi Sumbar.

"Dulunya Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Mualim ini tidak layak pakai. Setelah mendapat bantuan dari Astra, jauh lebih bagus dan nyaman," kata Kasri.

Kasri mengatakan dalam bidang kewirausaan masyarakat membentuk sebuah koperasi yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat yang mata pencaharian utamanya adalah petani tebu.

"Saat ini aset koperasi telah mencapai Rp14 miliar dan menjadi koperasi terbaik di kabupaten ini setelah diberdayakan oleh Astra," kata dia.

Koperasi ini memberikan kemudahan melalui pembiayaan dan penyulingan tebu menjadi gula aren. Pihak Astra membantu menyediakan mesin penyuling dan alat pembakaran tebu.

"Setelah ada bantuan petani dapat meraih untung mencapai 70 persen karena pembakarannya lebih cepat dan irit bahan bakar," katanya.

Sedangkan dalam pemberdayaan lingkungan, pihaknya telah membagi daerah ini menjadi 11 zona. Pada setiap zona mempunyai identitas masing- masing berupa tanaman lokal.

"Seluruh zona ini akan ditanami tanaman lokal sesuai tanaman yang banyak tumbuh di sana sehingga kampung ini lebih asri," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar