Pasar Aur Kuning Terbakar, Ini Tanggapan Wagub

id Pasar Aur Kuning

Pasar Aur Kuning Terbakar, Ini Tanggapan Wagub

Pasar Aur Kuning terbakar. (ANTARA SUMBAR/Ira Febrianti)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meminta instalasi listrik seluruh bangunan pasar yang dibuat sebelum tahun 1980 untuk diperiksa guna meminimalisasi kebakaran.

"Instalasi yang sudah tua berpotensi menjadi penyebab kebakaran. Karena itu harus hati-hati," kata dia di Padang, Jumat (17/11).

Ia mengatakan itu terkait bencana kebakaran yang terjadi pada dua pasar yang menjadi ikon belanja di Bukittinggi masing-masing Pasar Ateh (30/10) dan Pasar Aur Kuning, Jumat (17/11).

Meski belum bisa dipastikan dua kebakaran yang mengakibatkan kerugian miliaran rupiah tersebut diakibatkan oleh korsleting listrik, tetapi hal itu patut untuk diwaspadai.

Menurut dia, pemerintah daerah, pengelola dan pemilik bangunan pasar harus proaktif untuk melaksanakan pemeriksaan itu.

"Jangan karena mengelakkan rugi sedikit, malah habis semua dagangan," kata dia.

Selain bangunan pasar, ia juga meminta bangunan milik pemerintah lainnya, terutama yang sudah tua, untuk diperiksa kelaikan instalasi listriknya.

Sebelumnya kebakaran terjadi di pertokoan Pasar Grosir Aur Kuning Bukittinggi pada Jumat (17/11) sekitar pukul 04.30 WIB.

Kebakaran itu menghanguskan 136 kios dan lapak bagian Blok J.

Kepala Kepolisian Resor Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana menyebutkan dampak dan penyebab kebakaran di Pasar Grosir Aur Kuning masih diselidiki. (*)