Ini Lokasi 50 Persimpangan di Padangpariaman yang Ditutup saat TdS

id KAPOLRES PADANGPARIAMAN

Ini Lokasi 50 Persimpangan di Padangpariaman yang Ditutup saat TdS

Kapolres Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat AKBP Eri Dwi Hariyanto. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Polres Padangpariaman, Sumatera Barat, bakal menutup lebih dari 50 persimpangan saat para pebalap peserta lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TDS) melewati daerah itu.

"Selama TdS berlangsung, setidaknya Padangpariaman khusus untuk wilayah hukum kami dilewati peserta lomba sebanyak dua kali," kata Kapolres Padangpariaman AKBP Eri Dwi Hariyanto di Parit Malintang, Jumat (17/11).

Adapun yang pertama yaitu batas Kota Padangpanjang ke Kota Padang untuk Etape I, lalu ketika Padangpariaman menjadi titik mulainya perlombaan pada Etape VIII yaitu di Puncak Anai menuju Agam.

"Jadi dengan jalur tersebut terdapat sekitar 50 persimpangan yang menjadi fokus kami dan itu sudah termasuk persimpangan-persimpangan kecil," ujarnya.

Dalam pengamanan itu pihak kepolisian setempat mengerahkan 210 personel.

Agar tidak terjebak macet, masyarakat diminta mengetahui rute dan waktu penyelenggaran TDS sehingga bisa menggunakan jalur alternatif.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman, John Kenedi mengatakan selama TdS berlangsung daerah itu dilewati oleh peserta lomba sebanyak tiga kali.

Untuk Etape I dari Istano Basa Pagaruyung-Padang pada 18 November jalan yang digunakan peserta lomba TDS yaitu mulai dari 2x11 Kayu Tanam sampai perbatasan Kota Padang dengan Padangpariaman di Batang Anai.

Pada Etape VII Pariaman-Pasaman Barat pada 23 November jalan yang dilewati di Padangpariaman yaitu Sungai Limau dan Batang gasan.

Lalu, Etape VIII Padangpariaman-Agam pada 25 November jalan yang dilewati di Padangpariaman 2x11 Kayu Tanam dan Lubuk Alung menuju Kota Pariaman.

Jalur yang dilewati peserta event tahunan ini yaitu Etape I di Istano Basa Pagaruyung-Padang (109,3 kilometer) pada 18 November, Etape II Pesisir Selatan-Sawahlunto (155,9 kilometer ) pada 19 November, Etape III Sijunjung-Dharmasraya (161,3 kilometer) pada 20 November.

Etape IV Kabupaten Solok-Payakumbuh (106,4 kilometer) 21 November, Etape V Kota Solok-Solok Selatan (153,2 kilometer) pada 22 November, Etape VI Pariaman-Pasaman Barat (145,7 kilometer) 23 November, Etape VII Limapuluh Kota - Padang Panjang (112 kilometer) pada 24 November.

Lalu, Etape VIII Padangpariaman-Agam (135,2 kilometer) pada 25 November dan Etape IX Pasaman-Bukittinggi (117,2 kilometer) pada 26 November. (*)