Tingkatkan Wawasan Pejabat, Pemkab Solok Gelar Bimtek Analisis Jabatan

id Bimtek

Tingkatkan Wawasan Pejabat, Pemkab Solok Gelar Bimtek Analisis Jabatan

Bupati Solok Gusmal menyampaikan arahan pada bimbingan teknis analisis jabatan kerja, Jumat (17/11). (humas)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat menggelar bimbingan teknis (bimtek) analisis jabatan dan kerja guna menambah pengetahuan dan wawasan pejabat di daerah itu.

Ketua Pelaksana dan Asisten Koordinasi Administrasi, Syafrizal di Arosuka, Jumat, mengatakan bimtek ini bertujuan menambah pengetahuan dan wawasan pejabat dan staf di lingkungan pemerintah setempat dalam menyusun analisis jabatan dan analisis kerja.

Selain itu membantu pejabat dan staf di lingkungan pemerintah dalam melakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja sehingga dapat menata pegawai di OPD masing-masing.

"Nantinya akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan organisasi tata laksana, pengawasan dan akuntabilitas di setiap OPD masing-masing," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dari 15 sampai 18 November 2017 di hotel Grand Zuri Padang. Dengan jumlah peserta 44 orang dari seluruh OPD di lingkungan pemerintah setempat.

Bupati Solok Gusmal mengatakan bimtek analisis jabatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik pekerjaan yang ada di setiap unit kerja yang selanjutnya dirumuskan menjadi jabatan.

Dari kegiatan ini ia berharap aparatur sipil negara (ASN) pemerintah Kabupaten Solok yang menduduki jabatan dipegang oleh pejabat yang profesional dan mempunyai prestasi kerja.

"Dari peta pejabat dan analisa beban kerja tersebut dapat disusun jumlah kebutuhan pegawai per jabatan. Dengan begitu kegiatan analisis jabatan mutlak dilakukan oleh semua instansi pemerintah dalam upaya memperoleh komposisi kelembagaan dan jumlah ASN-nya," ujarnya.

Ke depannya, ini perlu terus dilakukan agar posisi dan jabatan di Pemda dapat sesuai dengan kebutuhan dan penempatan pegawai sesuai kompetensinya.

Acara itu juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Solok Desna Devi Gusmal, Asisisten koordinasi administrasi Syafrizal, Narasumber dari kantor regional (XII) BKN Pekanbaru, Kepala Dinas koperidag Nasripul Romika, Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan ketenagakerjaan Erizal, Kepala Kesbangpol Junedi, Kabag organisasi Zulfadli, Kabag humas Devi Pribadi, dan peserta lainnya. (*)