Padang Perkuat Sosialisasi Penggunaan Uang Non Tunai Melalui Kerja Sama Perbankan

id Mahyeldi Ansharullah

Mahyeldi Ansharullah (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar turut memperkuat sosialisasi penggunaan uang non tunai dengan melakukan kerja sama dengan beberapa bank.

"Beberapa waktu lalu telah bekerja sama dengan bank pembangunan daerah, nantinya penggunaan uang non tunai diintensifkan," ujar Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Jumat.

Upaya yang dilakukan untuk memperkuat gerakan non tunai oleh bank itu dengan menerapkan penggunaan uang non tunai di jajaran aparatur sipil negara hingga masyarakat.

Nantinya pembayaran dan administrasi yang menyangkut pelayanan di pemerintahan akan diarahkan pada non tunai.

Saat ini beberapa instansi sedang dan telah menyiapkan penerapan pem/bayaran non tunai dalam urusan administrasinya.

"Uang dan pembayaran non tunai ini sejalan dengan langkah Padang menjadi kota pintar," tambahnya.

Beberapa hal yang menjadi keuntungan penggunaan uang non tunai seperti efisiensi kinerja, pengurangan biaya, serta dapat mencegah tindakan kriminal.

Dengan begitu warga tidak perlu membawa uang banyak yang berisiko, namun dengan pemindaian setiap pembayaran menjadi lebih praktis dan mudah.

Di samping itu alur pembayaran uang non tunai juga bisa dipantau oleh pemerintah sehingga meminimalkan kecurangan.

Kami berharap kerja sama dengan Bank Nagari yang telah ditandatangani dapat berjalan lancar dan uang non tunai semakin berkembang.

Senada Koordinator Kopertis X Prof Herri mengatakan penggunaan uang tunai harus digalakkan oleh semua pihak agar penerapannya dapat merata.

Meski demikian, sosialisasi untuk gerakan uang non tunai juga harus dilakukan menyeluruh.

Menurutnya dengan sistem serba cepat didukung dalam jaringan, penggunaan uang non tunai dalam transaksi dinilai efektif. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar