Polres Pesisir Selatan Tilang 185 Pelajar Selama Operasi Zebra

id Polri

Polri. (Antara)

Painan, (Antara) - Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyerahkan surat bukti pelanggaran atau tilangkepada 186 pelajar di daerah itu selama Operasi Zebra yang digelar dari 1 hingga 14 November 2017.

"Semua pelajar merupakan pengendara kendaraan roda dua dan jumlah itu hampir separuh dari total surat tilang yang kami terbitkan ke pengendara kendaraan roda dua yang berjumlah 378 lembar," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Selatan, Iptu. Ghanda Novidiningrat di Painan, Kamis.

Ia menambahkan pelanggaran yang dilakukan para pelajar di antaranya tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), Tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu orang hingga mengendarai kendaraan roda dua yang tidak laik.

Menurutnya, kesadaran berkendara di tingkat pelajar pada daerah setempat sangat minim sehingga cukup berisiko bagi keselamatan mereka.

Bahkan selama Operasi Zebra 2017 terjadi dua kecelakaan yang melibatkan pelajar, satu di antaranya meninggal dunia dan satunya lagi luka ringan.

Pihaknya memberikan perhatian serius terhadap minimnya kesadaran pelajar dalam berkendara tersebut.

Beberapa upaya telah dilakukan mulai dari sosialisasi secara langsung, menyebar brosur, spanduk, hingga menerbitkan surat tilang dan lainnya.

Terkait hal itu, pihaknya meminta peran aktif keluarga hingga sekolah untuk memberikan sanksi tegas kepada pelajar.

"Pelajar yang cukup umur untuk mengemudikan kendaraan bisa dihitung dengan jari, namun yang diberi izin oleh orang tuanya cukup banyak, ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena jika belum cukup umur mereka rentan mengalami kecelakaan," katanya lagi. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar