Padang Panjang Kerja sama dengan Australia Bidang Budaya

id Hendri Arnis

Padang Panjang Kerja sama dengan Australia Bidang Budaya

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis (tengah) foto bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Desmon (dua dari kanan) dalam sebuah kesempatan. (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni Kusuma)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, berencana menjalin kerja sama dengan Victoria Negara bagian Australia dalam bidang budaya dan bahasa.

"Kerja sama itu direncanakan dalam waktu dekat ini," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga setempat Desmon melalui Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan dan PAUD, Tis Maria di Padang Panjang, Kamis (16/11).

Kerja sama tersebut akan dituangkan dalam bentuk MoU antara Pemkot Padang Panjang dengan Australia yang dalam hal ini Balai Bahasa dan Budaya Indonesia Victoria Tasmania (BBBIVT).

Persiapan kerja sama bilateral antara Pemkot Padang Panjang dengan Australia tersebut ditandai dengan kedatangan Ellen Anderson, utusan BBBIVT didampingi Gusrizal yang juga merupakan seorang pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Ading (BIPA) di BBBIVT ke Padang Panjang, Rabu (15/11).

Selama berada di Padang Panjang, Ellen Anderson meninjau dua lokasi sekolah sasaran dan lokasi home industri, kerajinan kulit.

Kunjungan ini merupakan penjajakan awal dari program pertukaran budaya dan bahasa antara Indonesia dan Australia, yang direncanakan 2018.

"Selama di Padang Panjang, Ellen Anderson sangat tertarik dan memberikan respon positif," jelas Tis Maria.

Ia berharap kerja sama tersebut bisa terealisasi dan pelaksanaanya bisa berjalan lancar.

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan untuk hal ini," katanya. (*)