Pemuda Sijunjung, Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara

id #Bela Negara #Pramuka Sijunjung

Pemuda Sijunjung, Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy memasangkan tanda pengenal peserta bela negara, di dampingi unsur Forkopinda. (c)

Muaro (antara sumbar) Pemuda Kabupaten Sijunjung, agar menumbuhkan kesadaran bela negara untuk generasi penerus dan pertahankan hasil perjuangan dari para pejuang bangsa yang telah dirasakan selama ini.

Berbagai peristiwa dan penderitaan telah dialami bangsa Indonesia sejak sebelum merdeka. Merupakan suatu kehormatan, hak, dan juga kewajiban bagi bangsa Indonesia, kata Wakil Bupati Arrival Boy, saat pembukaan pelatihan Bela Negara, Rabu.

Acara pembukaan pelatihan bela negara turut hadir unsur Forkopimda, Perwakilan OPD, Camat Sijunjung serta para peserta pelatiha bela negara sebanyak 115 orang yang terhimpun pada satua karya pramuka penegak/pandega kwarcab 0303 Sijunjung.

Wabup berharap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, dan setelah mengikuti pelatihan bela negara akan timbul kesamaan persepsi diantara semua, tentang pentingnya bagi setiap warga dalam rangka menatap masa depan yang lebih baik.

Pada hakekatnya upaya bela negara adalah pola sikap dan pola perilaku yang dijiwai kecintaan kepada tanah air, menghayati dan memgamalkan pancasila dan UUD 1945, sehingga memiliki keyakinan akan hak, kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga negara dengan tidak membedakan asal usul bedasarkan suku, ras, agama, keturunan dan daerah, jelasnya.

Ia mengatakan, bela negara bukan menyangkut aspek pertahanan dan keamanan, tapi bela negara dapat diwujudkan dalam bentuk kerja keras dengan tetap menjaga harkat dan martabat negara Indonesia.

Terima kasih kepada jajaran Kodim 0310/SSD, Polres Sijunjung dan semua pihak yang telah bahu membahu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sujunjung untuk melaksanakan dan menyukseskan kegiatan ini.

Kepala Kesbangpol SijunjungYunani selaku panitia penyelenggara mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong tumbuhnya kesadaran Bela Negara dalam rangka menjamin kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarakan pancasila dan UUD 1945.

Peserta pelatihan sebanyak 115 orang pemuda-pelajar yang terhimpun pada satuan karya pramuka penegak/pandega kwarcab 0303 Sijunjung yang dibagi dua angkatan yaitu, angkatan I sebanyak 50 orang dimulai dari tanggal 15-17 November 2017.

Sedangkan angkatan II sebanyak 65 orang dimulai dari tanggal 17-19 November 2017 yang dilaksanakan di Jorong Padang Ranah Nagari Sijunjung.

Narsumber terdiri dari Kodim 0310/SSD, Polres Sijunjung dan Kantor Kesbangpol Sijunjung untuk dapat memberikan pemahaman sejarah dan makna nilai-nilai perjuangan NkRI sebagai motivasi dalam meningkatkan kesadaran bela negara, tambah dia.***

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2024