Maroko dan Tunisia Lolos ke Piala Dunia

id piala dunia

Piala Dunia Rusia 2018. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Abidjan, (Antara Sumbar) - Gol-gol dari para pemain bertahan Nabil Dirar dan Medhi Benatia membawa Maroko menang 2-0 di kandang Pantai Gading pada Sabtu, pada pertandingan terakhir mereka di kualifikasi Piala Dunia dan mengamankan tiket ke putaran final untuk pertama kalinya dalam dua dekade.

Maroko hanya memerlukan hasil imbang pada dua pertandingan grup terakhirnya untuk memuncaki klasemen Grup C di kualifikasi zona Afrika, unggul atas Pantai Gading, yang harus menang untuk dapat tampil di Piala Dunia untuk keempat kalinya secara beruntun.

Namun setelah mampu meredam serangan awal, termasuk kemungkinan penalti, Maroko mencetak dua gol dalam rentang waktu lima menit untuk membawa mereka ke putaran final, yang terakhir kali mereka ikuti pada 1998, di Prancis.

Maroko menyelesaikan putaran kualifikasi tanpa kemasukan satu gol pun, dengan koleksi 12 poin, unggul empat poin atas Pantai Gading. Gabon memiliki tujuh poin dan tim juru kunci Mali memiliki lima poin.
Sementara Tunisia mengamankan tiket mereka ke putaran final Piala Dunia tahun depan setelah meraih satu poin dari hasil imbang tanpa gol di kandang sendiri, saat menjamu tetangganya Libya pada Sabtu.

Tunisia menyelesaikan kualifikasi Grup A zona Afrika dengan 14 poin, unggul satu poin atas Republik Demokratik Kongo, yang tertinggal meski menang 3-1 atas Guinea di Kinsasha di saat yang sama.

Tunisia yang tidak terkalahkan, yang sebelumnya telah empat kali tampil di putaran final Piala Dunia dan merupakan negara Afrika pertama yang memenangi pertandingan di putaran final pada 1978, gagal mencetak kemenangan kelima dari enam pertandingan grup ketika kiper Libya Mohamed Nashnush melakukan serangkaian penyelamatan kunci.

Penyelamatannya menggagalkan Youssef Msakni, Anice Badri, dan Ghilane Chaalani untuk mencetak gol ketika Nashnush terbukti menjadi palang pintu tangguh. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar